17,5 Juta Keluarga Sudah Terima Bantuan Sembako, Rp14,5 Triliun Dikucurkan

Jum'at, 15 Mei 2020 - 20:22 WIB
loading...
17,5 Juta Keluarga Sudah Terima Bantuan Sembako, Rp14,5 Triliun Dikucurkan
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan sembako mencapai 17,5 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan sembako mencapai 17,5 juta keluarga penerima manfaat (KPM) hingga 13 Mei 2020. Jumlah ini setara dengan Rp14,5 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, pemerintah terus mempercepat mencari data orang orang yang terdapat dari pada pembatasan daripada pembatasan kegiatan sosial dan ekonomi untuk mendapatkan tambahan bantuan.

"Bantuan tersebut, masih lebih rendah dari target sebesar 20 juta," ujar dia, Jumat (15/5/2020).

( )

Dia menjelaskan, kekurangan jumlah penerima bantuan sembako itu akan dikebut sampai akhir Mei 2020. Di mana, saat ini pemerintah terus memperbarui data masyarakat penerima bantuan agar tepat sasaran.

"Jadi, penyaluran program bantuan ini pada tahap awal menghadapi banyak tantangan dan kelemahan. Seperti tidak tepat sasaran atau ada duplikasi. Akan tetapi kami terus memperbaiki kelemahan," katanya.

Sambung dia menambahkan, manfaat pemberian bantuan sembako ini selain untuk bantuan reguler, juga memiliki tujuan lain. "Misalnya membatasi kegiatan masyarakat supaya tidak keluar dari rumah di masa Covid-19," tandas dia.

Sedangkan, program PKH hingga April 2020 telah disalurkan kepada 10 juta KPM. Kemudian untuk penerima BLT juga ditambahkan 9 juta penerima. Nantinya, penerima BLT adalah masyarakat yang tidak masuk dalam program PKH maupun kartu sembako.

Terutama masyarakat di desa yang selama ini tidak masuk kedua program tersebut akan menjadi perhatian pemerintah. Bahkan dana desa sebagian telah direalokasikan untuk BLT. Hanya saja yang menjadi tantangan adalah penyalurannya yang belum tepat sasaran.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)