Perbankan Diminta Selektif, OJK: Jangan Kredit Ferrari Diberi Keringanan

Sabtu, 16 Mei 2020 - 01:11 WIB
loading...
Perbankan Diminta Selektif, OJK: Jangan Kredit Ferrari Diberi Keringanan
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perbankan untuk lebih selektif dalan memberikan keringanan kredit, dan mengingatkan jangan sampai nasabah yang kaya dengan kredit mobil Ferrari bermiliar-miliar diberi restrukturisasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perbankan untuk lebih selektif dalan memberikan keringanan kredit. Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan agar perbankam melakukan seleksi terhadap nasabah yang mengajukan keringanan kredit.

"Saya mengingatkan agar bank tidak memberikan keringanan kredit kepada nasabah yang mampu secara finansial. Dia mencontohkan kredit kendaraan mewah yang seharusnya tidak mendapat keringanan," ujar Wimboh Santoso di Jakarta, Jumat (15/5/2020).

(Baca Juga: OJK Sebut Kredit Perbankan Masih Tumbuh Positif)

Sambung dia menghimbau agar perbankan tidak memberikan keringanan kredit bagi pengusaha yang sebenarnya masih memiliki dana untuk bertahan di tengah pandemi virus corona. Apalagi pengusaha yang bisnisnya selama ini sukses dan punya cuan besar.

“Kita juga harus kasih contoh agar ada empatinya. Jangan sampai nasabah yang kaya, kredit mobil Ferrari bermiliar-miliar diberi restrukturisasi," katanya.

Dia melanjutkan, nasabah kaya seharusnya mereka mempunyai banyak tabungan. Agar para pengusaha agar bisa menggunakan dana tabungannya untuk bertahan di tengah pandemi. "Tolonglah nasabah-nasabah ini, kita harus sama-sama kalau ada yang lain enggak makan, dikasih makan," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)