Gara-gara PPKM dan PSBB DKI Hari Ini Mata Uang Garuda Ditekuk Dolar

Selasa, 26 Januari 2021 - 17:30 WIB
loading...
Gara-gara PPKM dan PSBB DKI Hari Ini Mata Uang Garuda Ditekuk Dolar
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) ditutup melemah pada perdagangan hari ini. Mata uang garuda anjlok 44 poin ke level Rp14.066 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.034. ( Baca juga:Rupiah Masih Akan Melempem Saat Penerbitan Stimulus AS Belum Jelas )

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan bahwa melemahnya rupiah dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang memutuskan untuk memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) .

"Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2021 yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan per 22 Januari 2021." ujarnya dalam keterangan resminya Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Dalam keputusan perpanjangan PSBB ini, Pemprov DKI meminta kepada semua pihak untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Aturan mengenai protokol kesehatan tertuang dalam Pergub Nomor 3 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang penanggulangan Covid-19.

Ibrahim menjelaskan, keputusan Pemprov DKI ini tidak terlepas dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diterapkan pemerintah pusat. PPKM telah diperpanjang hingga 8 Februari 2021.

Keputusan perpanjangan PPKM tersebut itu disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/1/2021). ( Baca juga:China Akan Latihan Militer di Laut China Selatan usai Manuver Kapal Induk AS )

"Dengan diperpanjangnya PPKM dan PSBB tentunya mengurangi konsumsi masyarakat sehingga akan menghambat laju pemulihan ekonomi Indonesia yang berdampak negatif ke pasar, dan ini bisa terlihat dari arus modal asing yang keluar pasar dalam negeri begitu besar. Jadi wajar kalau mata uang rupiah dalam penutupan sore ini di tutup melemah," terangnya.

Ia memprediksi untuk perdagangan besok pagi, mata uang rupiah kemungkinan dibuka menguat di level Rp14.060-Rp14.120.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)