RI-AS Bakal Makin Mesra, Kerja Sama Ekonomi Hijau hingga Pertahanan Jadi Prioritas

Rabu, 27 Januari 2021 - 07:53 WIB
loading...
RI-AS Bakal Makin Mesra, Kerja Sama Ekonomi Hijau hingga Pertahanan Jadi Prioritas
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi mengatakan, bahwa Indonesia akan terus memperkokoh kemitraan strategis antara RI dan Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Presiden AS yang baru, Joe Biden. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi mengatakan, bahwa Indonesia akan terus memperkokoh kemitraan strategis antara RI dan Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Presiden AS yang baru, Joe Biden.

“Khusus mengenai hub bilateral, Indonesia berharap kita dapat terus memperkokoh kemitraan strategis dengan Amerika Serikat,” kata Retno dengan menampilkan foto Presiden Jokowi tengah berjabat tangan dengan Joe Biden dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, kemarin.



Retno memaparkan, terdapat beberapa prioritas kerja sama yang ingin dikedepankan Indonesia. Di antaranya, kerja sama ekonomi hijau dan pembangunan berkelanjutan yang saling menguntungkan.

Hal ini merupakan salah satu prioritas dan akan terus dijajaki, terutama dengan kemungkinan kedua negara memiliki limited trade deal. “Dan mendorong investasi Amerika Serikat di sektor infrastruktur, konektivitas, dan energi terbarukan,” terangnya.

Kemudian, sambung Retno, penguatan kerja sama kesehatan juga merupakan prioritas lainnya. Selain itu, kerja sama terkait pertahanan dan keamanan lintas batas dalam menghadapi berbagai macam ancaman.

“Serta pemajuan nilai-nilai bersama dan kerja sama pendidikan juga merupakan prioritas yang akan dikedepankan,” sambung Retno.



Selain itu, kata Retno, pembangunan tata ekonomi dunia yang kokoh dan berkelanjutan, Indonesia berpandangan bahwa peran AS sangat diharapkan dalam mendorong sistem perdagangan dunia yang terbuka, berkedilan dan saling menguntungkan.

Begitu juga dalam konteks kemajuan ekonomi hijau dan agenda Sustainable Development Goals atau yang disebut SDGs 2030.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)