Lagi, 11 Juta Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia

Selasa, 02 Februari 2021 - 11:02 WIB
loading...
Lagi, 11 Juta Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia
Ilustrasi pengangkutan vaksin. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11 juta vaksin Covid-19 asal Sinovac, China, tiba di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, Selasa (2/2/2021) pukul 10.30 siang dengan menggunakan pesawat Singapore Airlines SQ 080. 11 juta vaksin itu terdiri atas 10 juta bahan baku dan 1 juta over vail vaksin atau setengah jadi.

Kedatangan itu merupakan pengiriman tahap keempat yang dilakukan Sinovac Life Sciences Co. Ltd. Dari pantauan MNC Portal melalui siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden, vaksin diturunkan dari bagasi pesawat kemudian ditempatkan di dalam kontainer.

"Kita pahami (vaksin) sudah tiba di Tanah Air kita pada Desember 2020 lalu, dan hari ini ada 10 juta bahan baku vaksin dan ditambah 1 juta vail vaksin dari Sinovac yang merupakan salah satu wujud langkah konkrit pemerintah dalam rangka memastikan pengendalian Covid-19 bagi kesehatan masyarakat. Sehingga saat ini total vaksin di Tanah Air ada 28 juta," ujar Sekjen Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, Selasa (2/2/2021).

( )

Sama seperti tahap-tahap sebelumnya, usai kegiatan bongkar muat vaksin langsung diberangkatkan ke laboratorium PT Bio Farma (Persero) di Bandung, Jawa Barat, untuk diamankan.

Secara teknis pengemasan untuk keberangkatan, tidak ada perubahaan, di mana vaksin diamankan dengan envirotainer yang diangkut menggunakan truk. Di dalam truk pun tersedia cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius.

Vaksin kemudian dipindahkan dari envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19.

( )

Pemerintah Indonesia telah melaksanakan proses vaksinasi sejak 13 Januari 2021 lalu. PT Bio Farma selaku Holding BUMN Farmasi yang bergerak di bidang farmasi dipercaya untuk mengurus proses pendistribusiannya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)