Emiten Kelompok Teknologi Catatkan Pertumbuhan Tertinggi di Bursa

loading...
Emiten Kelompok Teknologi Catatkan Pertumbuhan Tertinggi di Bursa
Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir Januari 2021 baru saja meluncurkan klasifikasi industri yang baru yaitu IDX Industrial Classification. Adapun kelompok teknologi (IDXTECHNO) mampu menjadi leading sector di klasifikasi ini.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menjelaskan, IDXTECHNO mencatatkan angka pertumbuhan yang tinggi 204,25 persen. Namun, proporsi market cap hanya sebesar 0,87 persen. Selain itu, terdapat juga kelompok keuangan (IDXFINANCE) dan barang baku (IDXBASIC), dan perindustrian (IDXINDUST).

(Baca juga: Tesla Pilih India, Apindo: Benahi Mata Rantai Investasi! )

"Sayangnya, beberapa leading sector yang rupanya mengalami dampak positif akibat pembatasan pandemi Covid-19 ini bobotnya belum terlalu besar di bursa kita, misalnya IDXTECHNO bobotnya hanya 0,87 persen dilihat dari proporsi market cap nya," ujar Hasan dalam acara Edukasi Wartawan BEI, Selasa (23/2/2021).



Selain itu, kelompok keuangan menjadi sektor yang paling dominan di bursa dengan mencatatkan angka pertumbuhan yang 11,61 persen dengan proporsi terhadap market cap sebesar 38,16 persen.

(Baca juga: Penerimaan Pajak Seret, Sri Mulyani Beberkan Penyebabnya )

Dengan tingginya pertumbuhan kelompok teknologi menjadi pekerjaan rumah bagi Bursa agar bisa mengundang sebanyak-banyaknya perusahaan teknologi melantai di BEI sekaligus mewakili New Economy.



"Jadi, ekonomi gelombang baru ini kita ingin juga mengimbangi proporsi yang ada di bursa kita sehingga dari sisi proporsi dan demografi keterwakilan sektor-sektor new economy di saham-saham yang dicatatkan di bursa kita harapkan semakin dominan," ucapnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top