Hore! Setelah Bebas DP, Kini Pemerintah Hapus Pajak Beli Rumah

loading...
Hore! Setelah Bebas DP, Kini Pemerintah Hapus Pajak Beli Rumah
Insentif di bidang properti bertambah setelah pemerintah menghapus PPN rumah menjadi 0%. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk menambah insentif sektor properti berupa penghapusan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) jadi 0% alias PPN ditanggung pemerintah. Kebijakan ini berlaku mulai hari ini, 1 Maret 2021 sampai 31 Agustus 2021.

Baca Juga: DP 0% dan Bebas Pajak Mobil Baru Jadi Contoh Harmoni Kebijakan Fiskal-Moneter

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 21/PMK/010/2021 yang mulai berlaku pada hari ini. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato membeberkan alasan penghapusan PPN tersebut. Insentif itu menurutnya diberikan untuk mendorong pembelian rumah karena sektor properti sangat terdampak oleh pandemi.

Sementara, sektor ini banyak menyerap tenaga kerja dan banyak berkaitan dengan industri lain. Karena itu, dukungan berupa stimulus dari pemerintah dinilai perlu diberikan.

"Pemerintah juga terus berupaya melakukan berbagai insentif agar kelompok masyarakat bisa belanja," ujar Airlangga melalui konferensi pers secara virtual, Senin (1/3/2021).



Baca Juga: Sejarah KLB di Bali, Pasek: SBY Minta Bantuan Anas Kendalikan Marzuki Alie

Airlangga menjelaskan, selama 20 tahun terakhir kontribusi sektor properti terhadap ekonomi terus meningkat. Pada 2000, kontribusinya sebesar 7,8% dan terus naik menjadi 13,6% pada 2020. Namun, pada 2020 sektor properti mengalami kontraksi sehingga -2% dan sektor konstruksi bahkan mencatat -3,3%.

"Kita akan terus mendorong sektor-sektor yang terpengaruh di pandemi ini dan memiliki ikatan kuat yakni manufaktur dan properti," bebernya.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top