Tak Mau Berat Sebelah, Erick juga Minta Bank Partikelir Turunkan Bunga Kredit

Sabtu, 06 Maret 2021 - 13:00 WIB
loading...
Tak Mau Berat Sebelah, Erick juga Minta Bank Partikelir Turunkan Bunga Kredit
Foto/Sutiko/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta agar penurunan suku bunga kredit tidak saja dilakukan anggota Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara). Penurunan serupa juga harus dilakukan bank swasta.

Erick dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah berdiskusi soal itu. Dia menyarankan agar OJK mendorong agar bank swasta menurunkan suku bunga kreditnya. ( Baca juga: Siap-Siap! Erick Thohir Bakal Siangi BUMN yang Berpendapatan Cilik )

"Saya baru lihat juga Himbara sudah turunkan suku bunga. Tapi tadi saya bilang sama OJK tidak hanya Himbara, bank swasta juga mesti ikut turun dong, kalau enggak nanti berat sebelah," ujar Erick dikutip Sabtu (6/3/2021).

Penurunan suku bunga sendiri dilakukan usai Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) melakukan pemangkasan suku bunga acuan BI-7DRRR menjadi 3,50% pada Februari 2021.

Mantan bos Inter Milan itu mencatat, langkah restrukturisasi tersebut bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. "Paling tidak Himbara kalau untung, dividennya balik ke negara. Tadi saya minta ke OJK kalau boleh tidak hanya Himbara tapi bank swasta juga pada saat ini harus bisa nurunin bunga dan bantu restrukturisasi supaya impact-nya lebih besar," tandasnya.

Dalam pantauan OJK, suku bunga kredit perbankan tercatat turun gradual sejak tahun lalu. Suku bunga kredit modal kerja bank umum berada per akhir tahun lalu berada pada 9,21%, investasi berada pada 8,88%, dan konsumsi berada pada 10,97%. ( Baca juga:Diributkan Netizen, Sebenarnya E-KTP Dilarang Difotokopi sejak 2013 )

Seiring dengan hal tersebut, margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) perbankan juga menunjukkan tren penuruan. NIM bank umum berada pada 4,45% pada akhir tahun lalu, turun dari 2019 yang masih tercatat sebesar 4,91%.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)