Maksimalkan Layanan Digital

Selasa, 16 Maret 2021 - 06:04 WIB
loading...
Maksimalkan Layanan Digital
Model digitalisasi yang diterapkan pelaku usaha harus dimanfaatkan untuk efisiensi. FOTO/WIN CAHYONO
A A A
JAKARTA - Setahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Berbagai perubahan perilaku masyarakat terlihat hampir di semua sektor, termasuk di industri keuangan.

Sektor keuangan dan perbankan termasuk yang paling cepat beradaptasi di masa pandemi Covid-19 . Menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan plus membuat operasional bisnis lebih efisien, tak sedikit kini perusahaan yang gencar meluncurkan produk dan layanan berbasis internet alias digital .

Meski demikian, kondisi pandemi tak lantas menghilangkan kebiasaan untuk datang langsung ke kantor perbankan. Salah satunya terlihat pada pagi hari kemarin, di salah satu kantor cabang bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.



Di sana, selain petugas bank, terlihat dua orang nasabah pria dan seorang perempuan duduk di sofa panjang yang diberi tanda silang untuk menjaga jarak. Di sudut lainnya, terlihat dua petugas customer service yang aktif melayani nasabah. Satu customer service sedang melayani nasabah. Sedangkan, satu lagi sibuk dengan sejumlah berkas dokumen.

Dua petugas teller tampak tak terlalu sibuk. Hanya satu-dua orang nasabah yang datang sekitar pukul 09.30 WIB. Tak terlihat antrean seperti saat sebelum pandemi.

Di kantor bank lainnya, di kawasan Tangerang Selatan, suasana agak sedikit berbeda. Di bank BUMN yang statusnya kantor cabang itu tampak lebih ramai. Sejumlah nasabah tampak duduk di depan lobi dengan bangku berjarak satu sama lainnya. Lobi bagian luar kantor bank ini sengaja difungsikan sebagai ruang tunggu karena kapasitas dan antrean di dalam ruangan kasir dan costumer service dibatasi. Semua terlihat tertib. Nasabah dan para petugasnya pun terlihat bermasker, sesuai protokol kesehatan yang disarankan selama pandemi.



Meski di pandemi Covid-19 ini banyak kalangan menyerukan digitalisasi, namun untuk urusan perbankan tampaknya tidak semuanya bisa dilakukan virtual. Untuk setor uang dalam jumlah besar atau akad kredit misalnya, nasabah mau tidak mau harus tetap hadir.

Namun, untuk transaksi seperti transfer atau sekadar buka tabungan, kini bisa lebih mudah. Sejumlah bank sudah melakukan transformasi dengan menyediakan layanan berbasis aplikasi yang bisa diunduh di telepon genggam sehingga lebih praktis dan efisien.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)