Dipuji Jokowi, Ini Cerita Satpam yang jadi Supervisor Berkat Ikut Prakerja

Rabu, 17 Maret 2021 - 15:32 WIB
loading...
Dipuji Jokowi, Ini Cerita Satpam yang jadi Supervisor Berkat Ikut Prakerja
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa semua masyarakat bisa mengikuti program kartu prakerja . Meskipun saat ini prioritas yang diutamakan adalah yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Siang hari ini saya ingin mendengar bagaimana lompatan dari karena adanya apa program kartu prakerja. Ini sebetulnya program untuk semua, semuanya boleh. Yang lulus SMA, lulus SMK silakan, yang lulus Perguruan Tinggi silakan, yang drop out juga silakan, yang PHK silakan,” kata Jokowi saat Pengarahan Presiden RI kepada Penerima Kartu Pra Kerja Tahun 2020-2021 secara virtual, Rabu (17/3/2021).

“Tapi yang prioritas saat ini memang yang diberi prioritas yang diutamakan yang terkena pemutusan hubungan kerja. Tapi sebetulnya ini untuk siapapun,” tambah Jokowi.



Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menceritakan penerima kartu prakerja Stevenly Rio Loginsi yang dulunya berprofesi sebagai Satpam di Manado yang terdampak PHK. Kemudian menjadi supervisor setelah diterima menjadi peserta program kartu prakerja dan mengikuti pelatihan desain grafis dan pemasaran produk lewat media sosial.

“Dan hari ini, saya sangat tertarik sekali yang di Manado. Bapak Stevenly, dulu satpam, kemudian di PHK, dan kemudian menjadi supervisor? Benar? Dan mengambil pelatihan desain grafis dan pemasaran produk lewat media sosial,” ungkap Jokowi.

Jokowi pun meminta kepada Rio sapaan akrabnya yang hadir langsung di Istana Negara, untuk menceritakan pengalamannya. “Coba ceritakan gimana bisa masuk kartu prakerja, didaftarkannya sulit atau enggak sulit? kemudian ikut pelatihan, kemudian menjadi supervisor gimana, silakan Pak?”.



“Saya berasal dari Manado Sulawesi Utara, umur saya 42 tahun. Sebelum saya mendapat kartu prakerja, saya bekerja sebagai security, nah di awal pandemi itu perusahaan saya ditutup. Dan saya kena PHK,” kata Rio.

Rio mengatakan untuk menghidupi kebutuhan sebelumnya, dia mengojek online. “Nah kebetulan pada bulan Mei itu, saya kebetulan buka-buka medsos, saya daftar waktu itu gelombang 3, tidak ada kesulitan pak, langsung. Daftarnya di gelombang ketiga dan langsung diterima,” katanya. “Berarti pinter banget pak Rio, langsung diterima,” canda Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3888 seconds (0.1#10.140)