Reformasi Birokrasi, ASN Harus Berubah dari Mental Priyayi ke Melayani

Kamis, 18 Maret 2021 - 19:17 WIB
loading...
Reformasi Birokrasi, ASN Harus Berubah dari Mental Priyayi ke Melayani
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono mengatakan, reformasi birokrasi harus bisa mengubah mental birokrasi yang priyayi menjadi birokrasi yang berorientasi melayani.

Reformasi birokrasi juga harus membongkar pola pikir dan mentalitas lama aparatur sipil negara sehingga lebih terbuka menyingkapi berbagai tantangan pembangunan yang ada.

"Salah satu hakikat mendasar dari reformasi birokrasi yakni terletak pada bagaimana menciptakan perubahan pola pikir (mindset) para pemimpin dan seluruh aparatur yang ada," ujarnya dalam Internalisasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Badan Geologi Tahun 2021, Kamis (18/3/2021).



Menurut dia, perlu ada kesadaran dan kemauan serius dari aparatur birokrasi agar berkomitmen penuh dalam mewujudkan perubahan pola pikir (mindset) untuk mencapai sasaran program reformasi birokrasi.

Sehubungan dengan penerapan perwujudan Reformasi Birokrasi, khususnya di Badan Geologi, hari ini telah dilakukan penandatanganan komitmen bersama mewujudkan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Badan Geologi. Kegiatan ini hendaknya tidak sebagai seremoni saja, tetapi benar-benar sebagai langkah awal mewujudkan 'Good Governance' di lingkungan Badan Geologi, Kementerian ESDM

Sementara itu, Sekretaris Badan Geologi Ediar Usman menjelaskan bahwa penandatanganan ini merupakan langkah lanjutan untuk menumbuhkan komitmen perubahan untuk bersama-sama mewujudkan reformasi birokrasi menuju Badan Geologi yang lebih berintegritas, bersih dan bebas dari korupsi, sekaligus meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

Baca Juga: 13 Tersangka Korporasi dan Barang Bukti Korupsi Jiwasraya Dilimpahkan, Ini Daftarnya

"Badan Geologi sebagai Unit Organisasi Kementerian ESDM yang memberikan banyak pelayanan langsung ke masyarakat, sehingga diperlukan dukungan dan komitmen dari pimpinan yang kuat dan dari seluruh pegawai secara konsisten menuju pelayanan kepada masyarakat yang dapat dirasakan secara nyata," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)