Presiden IIA Indonesia 2021-2024 Angela Simatupang Dorong Pergeseran Fokus

Jum'at, 19 Maret 2021 - 16:22 WIB
loading...
Presiden IIA Indonesia 2021-2024 Angela Simatupang Dorong Pergeseran Fokus
President of IIA Indonesia periode 2021-2024 Angela Simatupang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - The Institute Internal Auditors Indonesia (IIA Indonesia) mengumumkan Angela Simatupang terpilih sebagai President of IIA Indonesia periode 2021-2024. Sebelumnya Angela adalah Vice President IIA periode 2018-2021 yang juga masih menjabat sebagai Direktur Global Board RSM International.

Dalam pemaparan kepada anggota IIA Indonesia, Angela menyampaikan perlunya pergeseran fokus IIA Indonesia dari organization focused menjadi member focused, namun tetap sejalan dengan visi dan misi IIA Global. Disampaikannya pula bahwa IIA Indonesia harus memiliki tujuan untuk membuat anggotanya berdaya menjadi auditor internal yang profesional, terpercaya dan berharga bagi pemangku kepentingan.



Hal ini semakin penting karena Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara dan menempati posisi populasi terbesar ke-4 di dunia yang berpotensi menjadikan Indonesia sebagai 10 besar ekonomi dunia. Untuk itu, Angela berharap IIA Indonesia dapat menjadi sumber utama bagi anggota dan profesi auditor internal, memungkinkan profesional audit internal diakui sebagai profesi yang penting untuk meningkatkan dan melindungi nilai organisasi.

"Penting agar internal auditor diakui sebagai fungsi yang tidak tergantikan dan sangat diperlukan untuk memungkinkan adanya tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian yang efektif," ujar Angela dalam siaran pers yang diterima, Jumat (19/3/2021).

Menurut dia, IIA memiliki peranan strategis dan kritikal bagi organisasi yang ingin memiliki tata kelola yang baik, dan saat ini profesi auditor internal terus berkembang dengan tingkat kinerja dan pengakuan yang tidak konsisten.



Untuk itu, Angela menetapkan tiga tujuan utama yang ingin dicapai, pertama membuat profesi auditor menjadi kuat, membuat personelnya kompeten, dan memastikan organisasi profesi ini memiliki keberlanjutan.

IIA Indonesia merupakan organisasi profesi yang memayungi profesi auditor internal di seluruh Indonesia. IIA Indonesia didedikasikan untuk kemajuan dan pengembangan profesi auditor internal dan merupakan rumah dari profesi auditor internal di Indonesia.

Secara global IIA memiliki lebih dari 200.000 anggota di lebih dari 165 negara. Di Indonesia, tercatat lebih dari 2.600 profesional yang menjadi anggota IIA. Seluruh gubernur yang mengawasi pengelolaan institusi ini merupakan relawan yang ditunjuk oleh para anggotanya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)