Penetapan Harga Batu Bara ke PLN Bisa Untungkan Konsumen

Senin, 22 Maret 2021 - 19:41 WIB
loading...
Penetapan Harga Batu Bara ke PLN Bisa Untungkan Konsumen
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Harga jual batu bara penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum telah ditetapkan sebesar USD70 per metrik ton free on board vessel sesuai Kepmen ESDM Nomor 225.K/30/MEM/2020. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, penentuan harga tersebut digunakan untuk menjamin PLN agar dapat membeli batu bara dalam negeri sesuai dengan kemampuan finansialnya tanpa ada tambahan subsidi dan kenaikan tarif dasar listrik. ( Baca juga:Terus Merosot, Bisnis Batu Bara Sudah Sunset )

Harga jual batu bara untuk penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum juga telah mempertimbangkan kelayakan ekonomi perusahaan pertambangan agar dapat beroperasi secara berkelanjutan.

"Pada saat terjadi pandemi Covid-19 di tahun 2020, komoditas batu bara mengalami tekanan dan menjadi turun dari harga USD70 sehingga tidak ada penghematan biaya," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Senin (22/3/2021).

Menurut Arifin, penetapan harga USD70 sebetulnya memberikan dampak yang cukup baik terhadap konsumen karena PLN bisa melakukan penghematan yang cukup besar. Saat ini harga batu bara juga mulai pulih di atas USD70 per metrik ton sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih baik. ( Baca juga:10 Tahun Lagi, Sex Doll Akan Bisa Bicara, Berjalan, dan Merasakan Sensasi )

"Apabila harga jual batu bara untuk penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum ditentukan lebih rendah dari acuan batu bara USD70 per metrik ton per ton, maka akan meningkatkan disparitas harga ekspor dan domestik yang berpotensi terjadi kecenderungan ekspor yang akan terjadi kelangkaan batu bara di dalam negeri," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)