Rupiah Didorong Kenaikan Peringkat Utang Indonesia

Selasa, 23 Maret 2021 - 17:34 WIB
loading...
Rupiah Didorong Kenaikan Peringkat Utang Indonesia
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika ditutup menguat pada perdagangan hari ini (23/3/2021). Rupiah ditutup menguat 10 point di level Rp14.396 dari penutupan sebelumnya di level Rp14. 407.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam laporannya mengatakan menguatnya rupiah berasal dari optimisme Pemerintah Indonesia dalam menjaga kinerja ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Optimisme itu direspons berbagai pihak, mulai dari perating hingga pelaku pasar. ( Baca juga:Rangkap Jabatan Komisaris dan Direksi BUMN Bisa Jadi Potensi Pasar )

"Ini terlihat dari peringkat utang (rating) Indonesia yang tetap bertahan, tidak ada pemangkasan," katanya dalam riset hariannya, Selasa (23/3/2021).

Ia mengungkapkan, lembaga pemeringkat Moody's menaikkan peringkat surat utang Indonesia dari Baa3 ke Baa2. Namun, Moody's tetap memberi catatan seputar risiko yang bisa menghampiri Indonesia.

"Dengan proyeksi (outlook) stabil, sebenarnya kecil kemungkinan untuk penurunan rating. Apalagi dengan penerimaan negara yang terus meningkat, pemerintah akan semakin mampu membiayai pembangunan infrastruktur, perlindungan sosial, dan belanja lainnya. Bahkan jika pemerintah mampu mewujudkan hal tersebut, bukan tidak mungkin Moody's akan kembali memberikan kenaikan rating," jelasnya.

Namun, Moody's menggarisbawahi bahwa Indonesia perlu mewaspadai beberapa risiko jika tidak ingin mengalami penurunan rating. Pertama adalah jika Indonesia mengalami kemunduran dalam perbaikan kerangka kebijakan dan kelembagaan.

Kedua adalah apabila pemerintah tidak mampu meningkatkan penerimaan negara secara signifikan. Ketiga adalah kekuatan finansial badan usaha milik negara (BUMN). ( Baca juga:JK Usul Tarawih 2 Shift, Ini Respons Muhammadiyah dan NU )

"Bila keuangan BUMN memburuk, maka bukan tidak mungkin akan menciptakan risiko yang merambat ke anggaran negara," ujarnya.

Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat di rentang Rp14.370-Rp14.420.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3492 seconds (0.1#10.140)