Wamendag Dorong Pelajar di Luar Negeri Jadi Duta Produk Indonesia

Rabu, 24 Maret 2021 - 22:31 WIB
loading...
Wamendag Dorong Pelajar di Luar Negeri Jadi Duta Produk Indonesia
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wamendag Jerry Sambuaga ingin agar pelajar Indonesia bisa menjadi duta produk Indonesia di luar negeri. Pandangan itu dikemukakan saat Wamendag bertemu secara virtual dengan pelajar-pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI Dunia.

Dalam acara tersebut Jerry menilai pasar ekspor yang demikian luas bisa ditembus kalau semua elemen masyarakat Indonesia, termasuk pelajar juga turut berpartisipasi. ( Baca juga:Cinta Produk Indonesia, Dokter Tirta Review Barang-Barang Asli Bali )

PPI Dunia tersebar di sekitar 57 negara yang mencakup hampir semua benua. Mereka sering terlibat dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah, baik melalui Kedutaan Besar RI maupun lewat kementerian.

Wamendag ingin agar mereka terlibat aktif pula dalam pemasaran produk Indonesia. Selain dengan menjadi duta produk, menurut Jerry, pelajar-pelajar juga bisa memberikan informasi mengenai segala hal tentang negara tempat mereka tinggal guna pengembangan pemasaran produk.

“Perdagangan itu kan multi-aspek. Banyak sisi yang berpengaruh, baik itu sosial, politik, termasuk aspek-aspek ekonomi itu sendiri. jadi siapa pun sebenarnya bisa memberikan informasi mengenai kemungkinan perluasan pemasaran produk Indonesia, meskipun dengan informasi yang tidak langsung berkaitan dengan perdagangan itu sendiri,” kata Wamendag kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Oleh karena itu, menurut Jerry, dalam menuntut ilmu, ada baiknya para pelajar mempelajari negara yang bersangkutan agar bisa membantu atase-atase dan ITPC perdagangan menangkap perilaku konsumen dan peluang-peluang yang ada. Hal ini berlaku baik di negara-negara tradisional tujuan ekspor Indonesia maupun pasar-pasar potensial, seperti di Afrika, Eropa Timur, dan Amerika Selatan.

Perdagangan luar negeri Indonesia mencapai rekor surplus pada tahun 2020 dengan capaian sekitar USD20 miliar. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak 2012. Pada tahun 2021, strategi perluasan ekspor diarahkan untuk meneruskan yang telah dilakukan, seperti melalui penyelesaian perjanjian-perjanjian perdagangan dan promosi melalui berbagai pameran dagang.

Di samping itu, pemerintah juga ingin memastikan kelancaran bahan baku agar Indonesia bisa menjaga dan meningkatkan posisi dalam global supply chains.

Salah satu fokus yang ingin dikembangkan dalam ekspor Indonesia adalah peran UMKM. Bagi Jerry, dalam bidang ini pelajar Indonesia bisa menjadi duta sekaligus pelaku dalam pengembangannya.

Teknologi informasi yang demikian cepat bisa menjadi alternatif baru untuk mengembangkan produk-produk digital yang pasarnya diyakini akan terus berkembang. Dengan kreatifitas generasi muda Indonesia yang sudah dikenal, Jerry yakin banyak hal yang bisa diciptakan dan dikomersialisasikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)