Segmen Mobil 2.500 cc Engga Cuma Butuh PPnBm, Tapi Juga 'Diskon' Kandungan Lokal

Jum'at, 26 Maret 2021 - 10:45 WIB
loading...
Segmen Mobil 2.500 cc Engga Cuma Butuh PPnBm, Tapi Juga Diskon Kandungan Lokal
Dalam segem mobil 2.500 cc rasanya yang dibutuhkan bukan hanya diskon PPnBm saja, tapi juga butuh diskon terkait kandungan lokal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan mobil dengan mesin 1.500 cc sampai 2.500 cc juga akan mendapatkan diskon PPnBM (pajak penjualan atas barang mewah). Namun, sanyangnya cuma dua model yang memenuhi kriteria Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 70%.

Saat ini yang bisa dipastikan bakal dapat perluasan diskon PPnBM ini hanya Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Seperti diketahui kedua mobil buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) itu telah memiliki komponen lokal lebih dari 70%. Untuk kandungan TKDN Toyota Fortuner sebesar 75%. Sementara kandungan TKDN Kijang Innova lebih besar lagi yaitu sebanyak 85%.

Baca Juga: Perkiraan Harga Fortuner, HR-V, dan Pajero Sport, setelah Mendapat PPnBM 2.500 cc

Sebenarnya, disegmen kendaraan 2500 cc ini ada dua merek lagi yang diproduksi di Indonesia. Dua merek itu yakni Mitsubishi Pajero Sport dan Honda CR-V. Namun belum diketahui seberapa besar komponen dalam negeri yang dipakai kedua mobil tersebut.

Dalam hal ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah memberi saran kepada pemerintah agar menurunkan kandungan sebesar 70%. Penurunan kandungan lokal akan membuat merek mobil lain mendapatkan diskon PPnBm.

"Kita bilang kalo kandungan 70 persen hanya beberapa model dan merek yang bisa ikutan. Kalo itu diturunin tentunya akan lebih banyak yang akan berpartisipasi," Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (26/3/2021).



Sementara itu, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengatakan bahwa perluasan relaksasi pajak untuk kendaraan 1500-2500 cc adalah keputusan yang baik dari pemerintah untuk mempercepat pemilihan ekonomi, melalui sektor industri otomotif.

"Saat ini kami masih berkomunikasi dengan pemerintah untuk detail dari program ini, termasuk model apa saja yang akan termasuk di dalamnya," terangnya.

Dalam segem mobil 2.500 cc rasanya yang dibutuhkan bukan hanya diskon PPnBm saja, tapi juga butuh diskon terkait kandungan lokal.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)