alexametrics

Buat Kebersamaan di Ruang Makan Lebih Berkesan saat Lebaran

loading...
Buat Kebersamaan di Ruang Makan Lebih Berkesan saat Lebaran
Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ruang makan tidak hanya dijadikan sebagai ruang untuk menikmati makanan, tetapi juga menjadi tempat berkumpul keluarga. Selain itu, ruang makan juga menjadi ruang yang utama saat mengundang tamu, serta tempat makan secara formal maupun kasual dengan teman-teman ataupun keluarga.

Segala aktivitas sehari-hari yang dilakukan di meja makan tentunya membutuhkan pencahayaan yang cukup fleksibel agar kebersamaan dengan anggota keluarga tidak terganggu. Berkat pencahayaan yang tepat, akan terciptakan suasana intim dan menenangkan saat muncul keinginan beristirahat.

Desainer interior, Lea Aziz, mengatakan pencahayaan ideal untuk ruang makan dimulai dari memberi pencahayaan setempat pada meja utama tempat menyantap makanan. "Hindari cahaya yang overbright karena akan menghilangkan suasana intim dan hangat," tambahnya. (Baca: Simpel Tapi Cantik Dekorasi Ruang Makan Bikin Tamu Anda Betah)



Jenis lampu gantung dekoratif ‎akan menjadi poin menarik di tengah ruangan dan unsur penyatu dalam lingkungan meja makan. Namun, yang harus diingat bahwa penempatan posisi jatuhnya lampu gantung tidak boleh terlalu pendek, karena akan menghalangi pandangan ke arah lain saat mengobrol. "Alternatif lain untuk sentral meja makan adalah task light dari direct downlight," kata Lea.

Dia menambahkan, jenis penerangan ini untuk menerangi kegiatan makan, makanan, dan peralatan makan terutama menggunakan peralatan makanan antik dan berkilau.

Indirect lighting sangat disarankan untuk ruang makan yang cukup luas. Selain untuk efek visual pencahayaan yang lebih nyaman, indirect light di atas meja makan juga dapat dibuat permainan up ceilling, sehingga bisa menambah kesan pemusatan di area meja makan dan sangat estetis untuk dikombinasikan dengan lampu gantung di tengah meja makan.

"Efek dari indirect light ini adalah menambah suasana ruang makan dan lebih menambah nilai proporsi ruang dengan permainan plafon," imbuhnya.

Tampilan visual background di ruang makan dapat Anda tambahkan sehingga lebih berasa suasana intimnya dengan lampu dinding yang bercahaya lembut dari lampu incandescent low wattage.

Alternatif lainnya untuk dekoratif berupa lampu meja, aksen uplight di sudut ruangan yang bisa digunakan untuk menyoroti elemen yang bagus dalam ruangan atau penggunaan accent lighting untuk lukisan atau benda seni lainnya.

Jenis lampu pijar juga bisa dijadikan alternatif penerang di ruang makan. Jenis lampu ini juga bisa menjadi sumber cahaya terbaik untuk decoratif light. "Cahaya natural dari beberapa lilin juga bisa digunakan untuk suasana yang intim dan hangat," tegas Lea.

Elemen-elemen dalam ruangan seperti console table atau lukisan dan cermin antik juga jadi nilai tambah apabila diekspos dengan cahaya langsung. Dinding ukiran yang memiliki nilai seni atau dinding bertekstur juga tidak boleh luput dari sorot lampu untuk memperkaya suasana ruangan.

"Backdrop dinding juga dapat dimainkan dengan pencahayaan di sekeliling backdrop dengan efek backlight, sehingga menimbulkan kesan melayang," katanya. (Baca juga: Tips Menciptakan Ruang Santai di Dalam Rumah)

Penggunaan dimmer juga dapat dilakukan untuk mendapatkan mood dan atmosfer yang diinginkan, baik untuk kegiatan keluarga maupun acara makan formal yang mengundang tamu. "Penerapan cahaya yang tepat di ruang makan bisa membangkitkan selera makan bagi para penghuninya. Selain itu, suasana yang dihasilkan oleh permainan dimmer tersebut dapat memberikan kesan fleksibel," tambahnya.

Pencahayaan untuk jamuan makan dengan kolega pada sebuah pesta di sebuah gedung pertemuan atau hotel akan berbeda dengan pencahayaan untuk jamuan makan keluarga di rumah. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top