DJP: Tidak Ada Perpanjangan Waktu Pelaporan SPT

loading...
DJP: Tidak Ada Perpanjangan Waktu Pelaporan SPT
Warga mengantri untuk lapor SPT. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
JAKARTA - Hari ini merupakan hari terakhir waktu pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP). Jika telat atau tidak melapor akan dikenakan denda.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Neilmaldrin Noor memastikan tidak akan ada penambahan waktu untuk pelaporan SPT.

Baca juga: Anggota DPR Ini Jadi Ikon Taat Pajak, Siapa Dia?

"Untuk tahun ini batas waktu pelaporan SPT Tahunan 2020 tetap 31 Maret, tidak ada penambahan waktu," kata Neilmaldrin saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Sebagai informasi, DJP mencatat total SPT Tahunan yang masuk sudah mencapai 9,9 juta. Jumlah tersebut mencatatkan peningkatan hingga 13,8% dibandingkan capaian pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 8,7% SPT.



Rinciannya, SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi yang sudah masuk sebanyak 9,6 juta atau mengalami kenaikan 13,6% secara tahunan. Sementara SPT Tahunan wajib pajak badan yang sudah masuk sebanyak 299.838 atau naik 17,5% secara tahunan.

Baca juga: Pandemi Jangan Jadi Alasan, Lapor SPT Sudah Ada e-Filing

DJP juga mencatat pemanfaatan e-filing sebagai sarana penyampaian SPT Tahunan juga meningkat. Wajib pajak yang menyampaikan SPT melalui e-filing sebanyak 9,56 juta. Jumlah tersebut meningkat 13,5% bila dibandingkan dengan capaian periode yang sama tahun lalu 8,42 juta.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top