Arsjad Rasjid Dinilai Sosok Inspiratif, Eks Menperin: Cocok Jadi Ketua Kadin

Jum'at, 09 April 2021 - 00:33 WIB
loading...
Arsjad Rasjid Dinilai Sosok Inspiratif, Eks Menperin: Cocok Jadi Ketua Kadin
MS Hidayat menilai Arsjad Rasjid sebagai sosok pengusaha sukses inspiratif yang sudah membuktikan berhasil memimpin perusahaan nasional dengan memperoleh banyak kemajuan besar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Nasional, Arsjad Rasjid dinilai cocok menjadi Ketua Umum Kadin periode 2021-2026. Adapun penilaian itu disampaikan oleh Mantan Menteri Perindustrian (Menperin) yang juga pengusaha nasional MS Hidayat.



MS Hidayat menilai Arsjad Rasjid sebagai sosok pengusaha sukses inspiratif yang sudah membuktikan berhasil memimpin perusahaan nasional dengan memperoleh banyak kemajuan besar di bidangnya dan telah memenuhi syarat-syarat menjadi Ketua Umum Kadin .

“Dia (Arsjad) sebagai profesional dia sudah membuktikan dia bisa membesarkan kelompok usaha menjadi salah satu yang terbesar di bidang yaitu oil, gas dan tambang juga kelapa sawit. Cocok jadi Ketua Kadin karena dia mengerti keadaan ekonomi, dia basic knowledge-nya juga ekonomi bisnis, sekolah di luar negeri di Amerika dan meneruskan pengalaman ini dari bawah,” ujar Hidayat, Kamis (8/4/2021).

Selain itu, kata Hidayat, Arsjad adalah pengusaha muda yang memiliki pengalaman dalam praktek dan bertekad membangkitkan kembali dunia usaha yang sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19, bekerjasama dengan pemerintah dan pihak luar negeri untuk menggerakkan roda perekonomian.

“Dia relatif muda, dia bisa sebagai orang yang berpengalaman dalam praktek dan mempunyai organisasi yang membackup nya yang nanti akan bisa bicara dengan pemerintah dan pihak-pihak luar negeri apa yang dibutuhkan oleh kita untuk membangkitkan kembali dunia usaha,” ujar Hidayat, mantan Ketua Umum Kadin itu.

Hidayat pun berpesan agar tidak lupa menggandeng dan memajukan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional. “Dan jangan lupa juga saya bilang sama Arsjad usaha UMKM, usaha kecil menengah itu harus juga dibangkitkan sekarang-sekarang ini itu juga sedang terperosok karena pandemi,” tuturnya.

Jika nantinya terpilih sebagai Ketua Umum Kadin, Arsjad disarankan untuk memilih orang-orang yang terbaik dalam tubuh kepengurusan Kadin, sehingga di bawah kepemimpinannya Kadin solid dan kuat. “Saya sudah memberi tahu besarnya organisasi ini, sehingga dia harus memilih suatu kepengurusan yang kuat kalau dia menang,” katanya.

Dirinya juga menyarankan agar pengurus baru Kadin yang nantinya terpilih agar menjadi partner pemerintah untuk menyusun strategi dan program-program pemulihan ekonomi terutama mengatasi pandemi yang tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan seluruh dunia terdampak.

“Itu tidak mungkin pemerintah bikin program sendiri tanpa dari awal melibatkan dunia usaha dan dunia usaha itulah Kadin yang akan memimpinnya,” kata Hidayat.



Lebih lanjut dia mengatakan, nantinya Kadin bersama pemerintah akan membentuk suatu program bersama, dari sektor per sektor sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang ada dalam penanganan ekonomi, sehingga dunia usaha kembali pulih dan cepat bangkit.

“Jadi nanti akan dibentuk suatu program bersama sektor per sektor sehingga nanti bersama pemerintah disandingkan, supaya policy pemerintah nanti penanganan ekonomi itu subtansinya sejalan dengan kemauan dan kemampuan dunia usaha, sehingga cepat bangkit,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6530 seconds (0.1#10.140)