Kadin Resmikan Desa Tangguh Wisata Tasola Lombok

Sabtu, 10 April 2021 - 23:13 WIB
loading...
Kadin Resmikan Desa Tangguh Wisata Tasola Lombok
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meresmikan Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia, Tasola Beach Village, Tanak Song Lauk, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Peresmian ini dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, serta dihadiri Bupati Lombok Utara dan Pejabat Pemerintahan Kabupaten Lombok Utara, pada Sabtu (10/4/2021).

Peresmian ini merupakan tindaklanjut dari telah selesainya pembangunan Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia yang dilaksanakan sejak tahun 2019. Hal ini dilakukan sebagai bentuk nyata komitmen Kadin yang secara pro-aktif turut membangkitkan perekonomian masyarakat Lombok pasca bencana gempa.

"Kami menilai Tanak Song Lauk sebagai daerah yang memiliki potensi yang baik, terutama dari sektor pariwisata. Melihat potensi ini kami mencanangkan pembangunan desa tangguh wisata di sini," ujar Rosan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/4/2021).



Dia mengatakan, dari beberapa pertimbangan sebelumnya, Kadin mendapat gambaran yang positif pada Tanak Song Lauk. Selain karena posisi yang cukup strategis untuk pengembangan pariwisata, daerah ini memiliki aset kearifan lokal yang baik, seperti keramahtamahan dan semangat gotong royong warga yang tinggi untuk pengembangan daerah.

Saat ini sarana dan berbagai fasilitas yang dibutuhkan telah dibangun untuk mendukung kemajuan pariwisata lokal. Adapun bantuan Kadin peduli untuk korban gempa Lombok terbagi dalam tiga tahapan.

Tahap I dan tahap II berupa pembangunan fasilitas umum dan sosial bagi masyarakat Lombok. Bantuan tersebut meliputi pembangunan 3 mushola di Tanak Song Lauk, Medana dan Dara Kunci, 3 balai pertemuan di Selengan, Mendana dan Obel-obel serta fasilitas Pondok Bersalin Desa (Polindes) di Teniga. Pembangunan tersebut telah diserahterimakan pada 14 April 2019.

Dia memaparkan, selain dibangun fasilitas umum dan sosial, bantuan tahap III diprioritaskan pada upaya Kadin untuk meningkatkan perekonomian penduduk korban gempa Lombok.



Program ini difokuskan pada pencanangan Desa Tangguh Wisata Kadin Indonesia, Tasola Beach Village. Pembangunan Desa Tangguh Wisata Kadin ini meliputi 28 bantuan rumah dan paviliun, 27 unit interior paviliun, infrastruktur saluran air, jalan lingkungan, pendopo, bangunan kantor, balai pertemuan, kandang sapi komunal, bangunan berugak, kamar mandi umum, plasa kesenian dan fasilitas jalan pedestrian.

"Tak hanya itu, kami pun memberikan pembekalan dan pelatihan untuk menunjang pariwisata lokal dengan meningkatkan kualitas SDM Masyarakat, terutama dalam kaitannya dengan hospitality," ungkap Rosan.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)