THR Dibayar Full, Konsumsi Dijamin Ngebut

Rabu, 14 April 2021 - 11:08 WIB
loading...
THR Dibayar Full, Konsumsi Dijamin Ngebut
Ilustrasi. FOTO/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Tunjangan Hari Raya (THR) dipastikan akan mendorong konsumsi rumah tangga. Dengan demikian, dampaknya akan berpengaruh besar terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"Hal ini tentu akan bermuara terhadap peningkatan konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh besar di kuartal II 2021," ujar Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (14/4/2021).



Menurut dia dampak ke perekonomiannya akan lebih besar jika THR diberikan secara penuh dan tepat waktu. Karena, momentum lebaran pada umumnya masyarakat akan membelanjakan uang THR. "Semakin banyak THR yang diterima semakin banyak juga potensi konsumsi yang akan dibelanjakan di momentum lebaran nanti," terang Yusuf.



Meskipun demikian, lanjut dia, perlu diakui bahwa tentu kebijakan ini akan cukup menantang untuk diterapkan bagi beberapa sektor. "Khususnya sektor-sektor yang akan terdampak pada kebijakan larangan mudik oleh pemerintah seperti misalnya jasa perhotelan dan juga transportasi," pungkas Yusuf.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4942 seconds (0.1#10.140)