THR Dibayar Full, Konsumsi Dijamin Ngebut

loading...
THR Dibayar Full, Konsumsi Dijamin Ngebut
Ilustrasi. FOTO/Yorri Farli
JAKARTA - Tunjangan Hari Raya (THR) dipastikan akan mendorong konsumsi rumah tangga. Dengan demikian, dampaknya akan berpengaruh besar terhadap pemulihan ekonomi nasional.

"Hal ini tentu akan bermuara terhadap peningkatan konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh besar di kuartal II 2021," ujar Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: H-7 Pengusaha Harus Bayar THR Full, Ingat Jangan Dicicil!

Menurut dia dampak ke perekonomiannya akan lebih besar jika THR diberikan secara penuh dan tepat waktu. Karena, momentum lebaran pada umumnya masyarakat akan membelanjakan uang THR. "Semakin banyak THR yang diterima semakin banyak juga potensi konsumsi yang akan dibelanjakan di momentum lebaran nanti," terang Yusuf.

Baca Juga: Pengusaha Ogah Bayar THR Full, Awas Sanksinya Berat!



Meskipun demikian, lanjut dia, perlu diakui bahwa tentu kebijakan ini akan cukup menantang untuk diterapkan bagi beberapa sektor. "Khususnya sektor-sektor yang akan terdampak pada kebijakan larangan mudik oleh pemerintah seperti misalnya jasa perhotelan dan juga transportasi," pungkas Yusuf.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top