Pamit dari Amazon, Ungkapan Terakhir Jeff Bezos Bikin Terharu

loading...
Pamit dari Amazon, Ungkapan Terakhir Jeff Bezos Bikin Terharu
Pendiri Amazon.com Jeff Bezos. FOTO/IST
JAKARTA - Pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos mengungkapan kata-kata terakhir sekaligus meberikan nasihat kepada penerusnya melalui tulisan surat. Melalui surat tersebut, Jeff Bezos memberikan nasihat agar penerusnya bisa mempertahankan kekhasan perusahaan.

"Kita semua tahu bahwa kekhasan, orisinalitas itu berharga," tulis Bezos seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (17/4/2021). "Kita semua diajari untuk menjadi diri sendiri. Apa yang sebenarnya saya minta Anda lakukan adalah merangkul dan bersikap realistis tentang berapa banyak energi yang diperlukan untuk mempertahankan kekhasan itu. Dunia ingin Anda menjadi tipikal - dalam seribu cara, itu menarik Anda. Jangan biarkan itu terjadi," tulis orang terkaya dunia ini.

Baca Juga: Super Tajir! Raja Fesyen Mewah Dunia Ini Punya Harta Rp2.489 Triliun

Bezos memberikan ilustrasi arti dari kepemimpinannya selama ini. Ia mengutip bagian dari buku non-fiksi bertajuk "The Blind Watchmaker: Why the Evidence of Evolution Reveals a Universe without Design" karya Richard Dawkins. Menurutnya buku tersebut itu sangat luar biasa karena mengulas tentang fakta dasar biologi, bahwa menghentikan kematian wajib diperjuangkan. Sebab dalam tubuh cenderung kembali dalam keadaan seimbang dengan lingkungannya.

Ia mencontohkan tubuh manusia biasanya lebih panas dari lingkungan sekitar, dan dalam iklim dingin tubuh kita harus bekerja keras untuk menjaga keseimbangan. Begitu juga dengan perusahaan ketika tidak bisa menjaga keseimbangan maka akan mati.
"Jika kita tidak bekerja mencegahnya, maka mereka pada akhirnya akan bergabung dengan lingkungannya dan lenyap sebagai makhluk otonom," tuturnya.



Baca Juga: Masuk Orang Terkaya Dunia, Harta Pendiri Tiktok Tembus Rp878 Triliun

Nasihat ini menurut Bezos sangat fantastis dan relevan dengan Amazon. "Saya berpendapat bahwa ini relevan untuk semua perusahaan dan semua institusi dan untuk setiap kehidupan individu kita juga," tulis Bezos. Ia mengingatkan, butuh kerja keras untuk terus mempertahankan kekhasan dan itu sepadan dengan hasilnya. "Versi dongeng soal nasihat 'jadilah diri sendiri' adalah bahwa semua rasa sakit berhenti segera setelah Anda membiarkan kekhasan Anda bersinar. Versi itu menyesatkan. Menjadi diri sendiri itu sepadan, tetapi jangan berharap itu mudah atau gratis, " tulis Bezos.

Menghubungkan saran ini dengan Amazon, Bezos menambahkan bahwa dunia akan selalu berusaha menjadikan Amazon lebih tipikal sehingga membawa kepada keseimbangan dengan lingkungan. "Ini akan membutuhkan upaya terus-menerus, tetapi kami bisa dan harus lebih baik dari itu," kata dia.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top