Peminatnya Tinggi, Market Cap Emiten BUMN Sentuh Angka Rp1.733 Triliun

Rabu, 21 April 2021 - 18:07 WIB
loading...
Peminatnya Tinggi, Market Cap Emiten BUMN Sentuh Angka Rp1.733 Triliun
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Meskipun jumlahnya tidak sebanyak saham syariah , ternyata saham perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) peminatnya cukup tinggi di kalangan investor. Terdapat 34 saham perusahaan merah yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), 14 di antaranya BUMN dan 20 anak usaha BUMN.

( Baca juga: Terungkap, Perempuan Lebih Sensi Soal Besaran Tarif Pajak )

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BEI Ignatius Denny Wicaksono mengatakan, saham-saham BUMN biasanya selalu ditunggu oleh investor, karena setiap kali ada BUMN melantai di bursa, biasanya menjadi suatu listing yang terbesar di tahun itu.

"Kalau dilihat perkembangannya, dalam 10 tahun terakhir penambahan saham BUMN cukup banyak walaupun angkanya tidak sebombastis saham syariah. Terdapat 13 BUMN atau 62% dalam 10 tahun terakhir," ujar Denny dalam acara Edukasi Wartawan Pasar Modal, Peluncuran Indeks IDX-MES BUMN 17 secara virtual, Rabu (21/4/2021).

Dari sisi kapitalisasi pasar, saham BUMN memiliki nilai yang sangat luar biasa. 34 perusahaan BUMN market cap-nya menyentuh angka Rp1.733 triliun.

"Jadi, setiap kali ada saham BUMN yang listing pasti itu saham-saham yang besar biasanya," kata dia.

( Baca juga: Biden Puji Vonis Bersalah Mantan Polisi Pembunuh George Floyd )

Nilai kapitalisasi pasar 34 BUMN dari total 700 lebih perusahaan yang ada di bursa, mencakup 24%. Bahkan dari sisi trading value, 34 emiten BUMN mencakup 37 persen dari nilai IHSG.

"Bisa dikatakan saham BUMN ini sangat liquid dan biasanya ditunggu investor," ucapnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)