Jelang Batas Akhir Lapor SPT Tahunan Badan, Mekari Pastikan Kesiapan Platform Klikpajak

Selasa, 27 April 2021 - 21:59 WIB
loading...
Jelang Batas Akhir Lapor SPT Tahunan Badan, Mekari Pastikan Kesiapan Platform Klikpajak
Mekari sebagai perusahaan software as a service melalui produk Klikpajak, melihat bahwa masih ada peluang besar untuk mendorong pelaporan SPT Tahunan secara daring yang dilakukan oleh wajib pajak badan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Masa pelaporan SPT Tahunan selalu menjadi sorotan pemerintah untuk menggenjot pelaporan pajak dari wajib pajak pribadi maupun badan. Setelah melewati batas akhir pelaporan bagi wajib pajak pribadi pada akhir Maret kemarin, kali ini fokus Direktorat Jenderal Perpajakan (DJP) untuk mendorong pelaporan dari wajib pajak badan yang batas akhirnya jatuh di 30 April 2021.



Berdasarkan data DJP per 22 April 2021, sebanyak 491.171 wajib pajak badan telah melaporkan SPT Tahunan Badan, dimana dicatatkan adanya kenaikan jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu tercatat 388.514 wajib pajak badan yang melapor. Total keseluruhan pelaporan SPT Tahunan Pribadi dan Badan di tahun ini mencapai 11.908.806. Dimana, sebanyak 11.383.160 pelaporan SPT Tahunan dilakukan secara elektronik menggunakan e-Filing.

Mekari sebagai perusahaan software as a service melalui produk Klikpajak, melihat bahwa masih ada peluang besar untuk mendorong pelaporan SPT Tahunan secara daring yang dilakukan oleh wajib pajak badan di tahun ini.

“Sebagai Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) mitra resmi DJP, kami melihat adanya peningkatan kesadaran dari wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak melalui platform online terlebih di masa pandemi saat ini. Di Klikpajak sendiri kami mencatat ada kenaikan jumlah user wajib pajak badan yang bergabung sekitar 30% dibanding tahun lalu,” ujar VP Marketing Mekari, Standie Nagadi.

Namun, masih banyak wajib pajak badan yang melakukan pelaporan SPT Tahunan jelang batas waktu yang ditetapkan. Standie menjelaskan, “Kami melihat tren bahwa banyak wajib pajak yang melapor di injury time, kemudian karena traffic tinggi untuk akses ke DJP Online ada kemungkinan gagal akses. Selain itu, banyak wajib pajak yang masih kesulitan melakukan penghitungan pajak ataupun menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pelaporan SPT Tahunan.”

Untuk mendorong peningkatan kesadaran wajib pajak badan melaporkan SPT Tahunan Badan secara tepat waktu, Klikpajak by Mekari menghadirkan program edukasi online secara rutin seperti Tax Consultation & Tax Webinar yang dilakukan selama masa pelaporan pajak berlangsung.



Selain itu, Klikpajak by Mekari juga mempersiapkan kapasitas lebih untuk memfasilitasi tingginya traffic di masa pelaporan SPT Tahunan badan pada periode pelaporan kali ini.

Sebagai platform berbasis website untuk lapor, kelola, dan bayar pajak online, beberapa kemudahan yang diberikan Klikpajak by Mekari bagi wajib pajak badan untuk lapor SPT Tahunan antara lain:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)