KPR Turun Tipis, Harga Properti di Jakarta Relatif Stabil

Kamis, 29 April 2021 - 19:48 WIB
loading...
A A A


Di sisi suplai properti, lanjut Marine, data RIPMI menunjukkan kota-kota di Jabodetabek mengalami kenaikan suplai, hanya Kota Bogor saja yang mengalami penurunan suplai.

Menurut Marine, kenaikan suplai properti di wilayah satelit Jakarta ini menjadi indikasi pengembang fokus pada pembangunan hunian untuk kelas menengah dan menengah atas di kawasan alternatif dengan harga lebih terjangkau.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, tren pencarian properti di kota-kota satelit DKI Jakarta melalui portal properti Rumah.com mengalami penurunan sebesar 14% pada kuartal IV/2020 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Turunnya tren pencarian properti pada wilayah-wilayah di Jabodetabek tersebut memang erat kaitannya dengan siklus properti tahunan, di mana kuartal IV merupakan periode rendahnya permintaan properti karena banyaknya pengeluaran orang di akhir tahun.

"Selain itu, pandemi Covid-19 juga belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, sehingga masyarakat masih menahan diri untuk melakukan transaksi pengeluaran besar," tuturnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)