Tinjau Panen di Malang, Presiden Jokowi Buktikan Produksi Padi Memuaskan

Jum'at, 30 April 2021 - 06:18 WIB
loading...
A A A
Menurut Presiden, ada beberapa hal yang dibutuhkan petani yang berkaitan dengan penggunaan teknologi dan alat mesin pertanian. Petani meminta mesin panen, traktor dan alat mesin lainnya. “Saya rasa ini akan kita penuhi karena sangat dibutuhkan petani,” imbuh Jokowi.

(Baca juga:Jokowi: Pemerintah Sebetulnya Tak Suka Impor Beras)

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan kebutuhan petani sangat penting terkait alat mesin pertanian, sehingga Kementerian Pertanian (Kementan) segera merealisasikan dan meningkatkan jumlah bantuan sesuai dengan kebutuhan petani. Penanganan pra dan pascapanen merupakan agenda prioritas Kementan dalam meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani sehingga ketahanan pangan khususnya beras, benar-benar terwujud.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Jokowi, kami segera salurkan bantuan traktor, alat panen dan alat mesin pertaniannya lainnya sesuai kebutuhan petani di Kabupaten Malang. Saya pastikan dalam beberapa minggu depan bantuannya sudah turun, diterima langsung petani,” ujarnya.

Terkait harga gabah dan beras petani, Mentan berkomitmen untuk terus menjaga harganya tidak turun atau tetap menguntungkan. “Gerakan serap gabah tentunya terus kita massifkan bersama Bulog, BUMN dan pemerintah daerah. Ini adalah tugas pemerintah, Kementan bersama pemerintah daerah, BUMN dan pelaku usaha bersinergi agar hasil panen menguntungkan,” sambung Mentan.

Perlu diketahui, stok gabah/beras di Bulog Malang hingga saat ini mencapai 17.871 ton. Serap gabah yang dilakukan Bulog sampai dengan tanggal 24 April sebesar 3.077 ton setara beras. Petani di Desa Kanigoro menanam padi IPB3S, Ciherang, Cibogo, Inpari32, Inpari42.

Malang adalah salah satu kabupaten yang memiliki potensi besar pada sektor pertanian, terutama pada tanaman pangan. Adapun potensi panen padi se-Kabupaten Malang pada bulan April sebesar 6.441 ha dengan estimasi produksi mencapai 45.674 ton gabah kering giling (GKG) dan potensi panen padi Mei sebesar 4.829 ha dengan estimasi produksi 34.243 ton GKG. Harga rata-rata gabah di Kabupaten Malang cukup bagus yakni di atas harga pembelian pemerintah (HPP). Di mana GKP sebesar Rp4.600 per kilogram (kg) dan GKG sebesar Rp5.600.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)