Seperti BRI, Bank Mandiri Terjun ke Pembiayaan PLTS Atap

Rabu, 12 Mei 2021 - 08:50 WIB
loading...
Seperti BRI, Bank Mandiri Terjun ke Pembiayaan PLTS Atap
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap antara Sekretariat Jenderal DEN, SKK Migas, PT LEN, dan Bank Mandiri.

Dengan adanya kerja sama ini, ke depan Bank Mandiri akan memberikan kredit kepada nasabah yang akan memasang solar panel. Pembiayaan tersebut menggunakan skema kartu kredit atau skema tanpa agunan yang murah dan dapat dicicil.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung pemanfaatan PLTS atap bagi pegawai di lingkungan Kementerian ESDM, Setjen DEN, dan SKK Migas.

Baca juga:UMKM dan Koperasi Bakal Bisa Buka SPBU Mini

Dalam sambutannya, Djoko mengatakan bahwa Indonesia memprioritaskan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi. Selain itu Indonesia juga berkomitmen untuk mengembangkan dan memanfaatkan EBT sebagai upaya peningkatan ketahanan energi nasional mitigasi perubahan iklim.

"Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dari baseline dengan kemampuan sendiri atau 41% dengan bantuan internasional, di mana sektor energi diharapkan berkontribusi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 314-398 juta ton CO2 pada tahun 2030, sebagaimana telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Paris Agreement," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Setjen DEN memiliki inisiasi untuk mendukung komitmen tersebut melalu berbagai gerakan sebagai agen perubahan. Kerja sama ini adalah salah satu upaya kontribusi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian ESDM, Setjen DEN, dan SKK Migas untuk mempercepat transisi energi di Indonesia.

"Kami sangat mendorong implementasi program transisi energi melalui praktik di dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya sebagai policy makers di bidang energi, namun juga sebagai praktisi dan sekaligus Agen Perubahan di bidang energi untuk Indonesia yang lebih baik," tambah Djoko.

Sebelumnya, Setjen DEN telah melakukan kerja sama serupa dengan Bank BRI dan PT LEN. Djoko menuturkan, keikutsertaan Bank Mandiri dan SKK Migas saat ini dalam program PLTS atap merupakan suatu kemajuan yang positif yang diharapkan dapat diikuti oleh unit-unit kerja atau kementerian lainnya.

"Besar harapan kami bahwa melalui inisiasi kerja sama yang kita lakukan saat ini, unit kerja maupun kementerian lain dapat melakukan kerja sama serupa. Selain itu, pegawai di lingkungan Setjen DEN, dan SKK Migas dapat dengan mudah dan cepat untuk mengakses dana pinjaman guna memanfaatkan PLTS atap," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)