Bandara Changi Shut Down, Singapore Airlines Rugi Rp45,76 Triliun

Kamis, 20 Mei 2021 - 12:58 WIB
loading...
Bandara Changi Shut Down, Singapore Airlines Rugi Rp45,76 Triliun
Ilustrasi. FOTO/REUTERS
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan Asia telah melakukan restrukturisasi bisnisnya secara besar-besaran sebagai upaya bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Namun berdasarkan hasil kuartalan terbaru masih banyak maskapai yang mencatatkan kerugian besar akibat meledaknya kasus varian baru corona.

Salah satu maskapai yang mencatatkan kerugian ialah Singapore Airlines . Dilansir dari Nikkei, Kamis (20/5/2021) perusahaan maskapai tersebut mencatatkan kerugian bersih sekitar 660 juta dolar Singapura atau USD490 juta untuk kuartal Januari-Maret menyebabkan kerugian bersih tahunan sebesar SG$4,27 miliar atau USD3,20 miliar setara Rp45,76 triliun.

Sepanjang Maret 2021, Singapore Airlines hanya melayani 596.000 penumpang, turun 98% dari tahun lalu karena pembatasan perjalanan global untuk menangkis penyebaran Covid-19. Meski begitu, bisnis kargo bernasib lebih baik dengan penurunan volume 39% dari tahun sebelumnya, berkat permintaan global yang tinggi untuk peralatan medis dan pengiriman e-commerce.



Disisi biaya perawatan Singapore Airlines menganggarkan SG$1,7 miliar untuk 45 pesawat turun untuk meningkatkan pemulihan bisnis. Tetapi prospek maskapai ini tetap tidak pasti, terutama karena banyak pasar utamanya, seperti India, Thailand, dan Jepang, sekarang mengalami peningkatan kasus corona. Di samping itu, kecepatan vaksinasi di Asia lebih lambat daripada di AS dan Eropa. Dalam waktu normal, Singapore Airlines terbang ke 13 kota di India, termasuk Mumbai dan Chennai. Apalagi awal pekan ini, Singapura dan Hong Kong menangguhkan penerbangan karena meningkatkan kasus corona.

Gelaran World Economy Forum 2021 yang digadang-gadang menjadi peluang membangkitkan sektor transportasi dan pariwisata di Singapura juga kandas karena dibatalkan akibat pandemi. Selain itu, banyak kasus Covid baru-baru ini di Singapura terkait dengan kluster yang muncul di Bandara Changi, yang mengakibatkan penutupan sementara terminal penumpang.

"Meskipun vaksinasi massal sedang berlangsung di sebagian besar pasar utama kami, prognosis untuk industri penerbangan global tetap tidak pasti," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. "Sementara pasar domestik telah pulih di beberapa negara, perjalanan udara internasional tetap dibatasi dan lintasan pemulihannya masih belum jelas," imbuhnya.

Sementara kapasitas penumpangnya masih hanya sekitar 28% dari tingkat pra-Covid bulan depan. Singapore Airlines pada hari Rabu juga mengatakan akan meningkatkan SG$ 6,2 miliar melalui obligasi konversi untuk mengamankan likuiditas yang lebih tinggi untuk mengatasi dampak pandemi. Maskapai penerbangan awal bulan ini mengumumkan telah mengumpulkan sekitar SG$ 2 miliar melalui penjualan dan sewa-balik 11 pesawat.



Sebagian besar maskapai penerbangan besar Asia yang telah merilis pendapatan Januari-Maret melaporkan kerugian besar yang terus berlanjut karena rendahnya permintaan perjalanan, dengan Air China, China Eastern Airlines, China Southern Airlines, ANA Holdings dan Japan Airlines semuanya membukukan kerugian lebih dari USD500 juta setiap triwulan. Sebagai informasi, banyak maskapai penerbangan di kawasan Asia yang merestrukturisasi bisnis, seperti menghentikan penggunaan jet lama dan mengurangi armada mereka. Tetapi hasil kuartalan terbaru menunjukkan bahwa dampak pandemi terus meningkat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6740 seconds (0.1#10.140)