Berwisata ke Borobudur Bisa Pakai Bus Damri, Cek Rutenya

Senin, 24 Mei 2021 - 06:16 WIB
loading...
Berwisata ke Borobudur Bisa Pakai Bus Damri, Cek Rutenya
Ilustrasi bus Damri. Foto/Dok SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Perum Damri terus mendukung pengembangan industri pariwisata nasional. Hingga tahun 2021, BUMN transportasi ini telah melayani 15 rute kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk kawasan wisata Borobudur yang menjadi destinasi superprioritas.

Direktur Utama Damri, Setia N. Milatia Moemin, akhir pekan lalu melakukan audiensi bersama Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita di Kantor Badan Otorita Borobudur (BOB).

Pada kesempatan tersebut, Setia memaparkan upaya Damri ke depan dalam mendukung industri pariwisata nasional, khususnya pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terintegrasi dari Yogyakarta International Airport (YIA) dan Hotel Inna Malioboro menuju lokasi KSPN. Damri dan BOB berencana akan membahas lebih lanjut mengenai potensi kerja sama yang akan dilakukan. Adapun beberapa rute bus Damri yang tersedia sebagai berikut:



Untuk rute dari Hotel Inna Malioboro:
- Hotel Inna Malioboro - Parangtritis - Pantai Baron - Wonosari
- Hotel Inna Malioboro - Tebing Breksi - Prambanan - Borobudur
- Hotel inna Malioboro - Yogyakarta International Airport (YIA)

Untuk rute dari Yogyakarta International Airport (YIA):
- YIA - Sleman City Hall
- YIA - Terminal Condongcatur
- YIA - Hotel Wisata Magelang
- YIA - Grand Inna Malioboro
- YIA - Ambarketawang
- YIA - Adi Sucipto (via Giwangan)
- YIA - Stasiun Wojo

Sebagai informasi, trayek KSPN tersebut beroperasi mulai pukul 06.00 WIB sampai 16.30 WIB. Selain melayani trayek KSPN, Damri juga memiliki beberapa bus yang dapat didayagunakan dalam mendukung industri pariwisata, seperti bus café, bus hotel, bus shop, dan meeting bus.

"Tak hanya itu, hingga saat ini Damri melayani bus for bike untuk wilayah Bogor dan Bandung namun akan dilakukan perkembangan di kota-kota lain serta bus difabel di Mataram," ujar Setia melalui keterangan tertulis, dikutip Senin (24/5/2021).



Dia menambahkan, perusahaan juga tengah mengembangkan konversi bus listrik. Damri intensif mengembangkan manajemen berbasis digital, yaitu dengan mengembangkan teknologi Damri Fleet Management System (DFMS) yang mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat untuk memastikan kinerja armada Damri yang semakin produktif, juga mengoptimalkan kinerja operasional serta proses kontrol dan monitoring.

"Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Selain itu, data-data pemantauan dapat menjadi sebagai bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)