Jaga Suplai Daging, Berdikari Gandeng RPH Balaraja

Kamis, 27 Mei 2021 - 22:52 WIB
loading...
Jaga Suplai Daging, Berdikari Gandeng RPH Balaraja
PT Berdikari bekerjasama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) di Balaraja, Tangerang. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Jaga suplai dan harga daging di tengah masyarakat, PT Berdikari (Persero) jalankan kerja sama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) di Balaraja, Tangerang. Kerja sama ini berupa KSO (Kerjasama Operasional) dan suplai sapi dengan kualitas Aman, Sehat, Utuh, Halal (ASUH).

Sebelumnya Berdikari telah melakukan kerja sama serupa dengan RPH di Jatiwarna, Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam penandatanganan nota kesepahaman serta pemotongan perdana suplai sapi Berdikari di RPH tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara dan Direktur Operasional bapak Muhammad Hasyim dan pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno.


Dengan fasilitas feedlot hingga 700 ekor sapi, serta kapasitas potong lebih dari 10 ekor sapi per-harinya, RPH ini dapat mencukupi kebutuhan daging segar di daerah Jabodetabek khususnya pasar-pasar di sekitar RPH, yang mana RPH Balaraja ini telah menyuplai secara rutin daging segar untuk pasar di wilayah Cikupa, Cisoka, Cikande, Cengkareng, Pandeglang, hingga pasar Tanah Abang.

Direktur Utama PT Berdikari (Persero) Harry Warganegara mengatakan selain mengoptimalkan fasilitas feedlot dan kapasitas potong dari RPH Balaraja, perseroan melalui anak usaha Berdikari Logistik Indonesia (BLI) dapat menyiapkan fasilitas Cold Storage untuk mendistribusikan daging impor sapi Brazil kepada masyarakat sekitar.

“Diharapkan suplai daging sapi melalui RPH ini akan membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, juga memberikan pilihan akses kepada masyarakat akan kebutuhan daging segar maupun daging beku,” kata Harry di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Pada kesempatan yang sama, pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno, menyampaikan bahwa kerja sama ini akan sangat membantu dalam meningkatkan suplai daging sapi kepada masyarakat khususnya area barat Balaraja yang merupakan saluran distribusi dari hasil potong RPH perusahaan dan pemanfaatan fasilitas feedlot serta mengoptimal kapasitas potong dari RPH dapat membantu menjaga stabilitas harga karena suplainya tercukupi.


Tidak menutup kemungkinan akan ada RPH lainnya, mengingat ditargetkan akan lebih banyak kemitraan dan kerja sama dengan Rumah Potong Hewan untuk mendekatkan serta menjaga suplai kebutuhan daging di tengah masyarakat. Kerja sama ini merupakan komitmen Berdikari sebagai BUMN pangan dalam kontribusinya sebagai buffer stock pangan khususnya daging sapi bagi masyarakat.

“Sebagaimana komitmen Berdikari sebagai anggota dari BUMN Klaster Pangan untuk mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” pungkas Harry.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)