Berkat Temasek Bekasi Bakal Punya Kampus Digital Pertama di Indonesia

Kamis, 27 Mei 2021 - 22:05 WIB
loading...
Berkat Temasek Bekasi Bakal Punya Kampus Digital Pertama di Indonesia
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - ST Telemedia Global Data Centres (STT GDC), perusahaan penyedia jasa pusat data (data center) terkemuka yang berbasis di Singapura, bekerja sama strategis dengan perusahaan konglomerat Indonesia Triputra Group, dan Temasek (perusahaan investasi global) untuk membangun platform operasi pusat data baru di Indonesia.

Joint venture tersebut berencana membangun kampus pusat data pertama di Greenland International Industrial Center, yang berlokasi di Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi. Nantinya, kampus pusat data ini akan terdiri dari beberapa gedung dengan dukungan kapasitas hingga 72 megawatt untuk memenuhi kebutuhan pengembangan teknologi informasi. Konstruksi fase pertama diharapkan bisa dimulai bulan mendatang dan diperkirakan akan rampung di Q1 2023.

Baca juga:Sejuta Cara Pinjol Menagih Utang, Kali Ini Memalsukan Email OJK

"Kebutuhan akan layanan digital dan cloud di Indonesia bertumbuh secara eksponensial dan ini adalah waktu yang paling tepat bagi kami untuk masuk ke industri pusat data," kata Arif Rachmat, Direktur Triputra Group, melalu siaran pers, Kamis (27/5/2021).

Menurut Arif, pemerintah Indonesia telah mencanangkan Roadmap Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik dan Roadmap Indonesia Digital 2021-2024 untuk mendukung perekonomian digital yang inklusif, serta mempersiapkan akselerasi pertumbuhan digital terutama untuk pelaku usaha lokal.

"Triputra Group sangat senang dapat bermitra dengan dua perusahaan besar Singapura yang memiliki rekam jejak sangat baik dalam investasi dan juga keahlian di industri ini. Kami berharap dapat menambahkan pengalaman dan pengetahuan kami atas pasar lokal, untuk mendorong pertumbuhan bisnis ini lebih jauh, karena kami yakin pada potensi pertumbuhan digital Indonesia di masa depan. Terlebih lagi, ini akan menjadi pencapaian yang penting bagi perekonomian Indonesia dan kami ingin mendukung pemerintah untuk mewujudkannya," kata Arif.

Sementara itu, President and Group CEO, STT GDC, Bruno Lopez mengatakan usaha patungan ini menandai masuknya STT GDC ke pasar pusat data (data center) Indonesia.

Baca juga:Bawaslu Terima Laporan Bagi-Bagi Sembako Jelang PSU Pilgub Jambi

Triputra Group dan Temasek dinilai memiliki keahlian dan pemahaman pasar yang mendalam di bidangnya masing-masing. Indonesia adalah negara dengan perekonomian berbasis internet yang terbesar dan bertumbuh paling pesat di wilayah Asia Tenggara berkat tingginya tingkat penggunaan aplikasi dan layanan digital oleh masyarakat.

"Saya sangat yakin bahwa kemampuan kami dalam merancang, membangun dan mengoperasikan pusat data di negara-negara besar lainnya di Asia, digabungkan dengan pengalaman Triputra Group dalam mengoperasikan bisnis di berbagai sektor di Indonesia, serta pengalaman Temasek dalam berinvestasi di Indonesia maupun global, akan menempatkan kami dalam posisi yang baik untuk dapat melayani kebutuhan ekonomi digital di Indonesia yang sedang berkembang pesat," kata Bruno.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)