Kadin dan Kota Kasablanka Siapkan Pelaksanaan Vaksinasi untuk Asosiasi Bisnis

Selasa, 08 Juni 2021 - 17:55 WIB
loading...
A A A
Selain diikuti oleh peserta dari pengurus dan anggota Asosiasi serta UMKM, vaksinasi di Kokas juga paralel diikuti oleh lansia yang sudah terdata sebelumnya di pemerintah.



Direktur Kota Kasablanka, Lusiana menyatakan, pihaknya mengapresiasi atas adanya program vaksinasi bagi Asosiasi dan menyatakan kesiapannya untuk membuka pintu menjadi sentra vaksinasi.

“Kami melihat antusiasme masyarakat begitu tinggi untuk vaksinasi. Kami turut senang dapat berperan aktif dan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bersama dengan Kadin,” ungkapnya.

Menurut Lusiana, hingga Mei 2021, Kota Kasablanka telah tiga kali menjadi sentra vaksinasi bagi lebih dari 12.500 peserta yang terdiri dari lansia, UMKM dan pelayan publik. Hal ini tentu akan terus dilakukan agar distribusi vaksin dapat sampai ke masyarakat secara merata.

Diterangkan juga olehnya, sebelum melakukan vaksinasi, peserta tentu harus memenuhi sejumlah syarat terlebih dahulu seperti kondisi dalam keadaan sehat dan sedang tidak dalam pengobatan apapun. Peserta juga diharuskan melakukan pemeriksaan medis singkat melalui wawancara dengan petugas kesehatan dan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik (tensi, nadi, suhu).

Bagi peserta yang telah divaksin akan diminta menunggu diruang obesrvasi selama 15 – 30 menit pasca penyuntikan guna melihat efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Jika terdapat peserta yang mengalami efek samping, maka petugas dan panitia akan segera membawa peserta tersebut menuju ICU ke Rumah Sakit yang telah ditunjuk menggunakan ambulans yang bersiaga di area Kota Kasablanka.

Selama proses vaksinasi, peserta juga terus dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebelum memasuki ruang vaksin, peserta perlu melakukan cek suhu serta menggunakan hand sanitizer.

Selain penggunaan masker medis, peserta juga diharuskan membawa peralatan tulisnya sendiri guna meminimalisir kontak fisik. Selain itu, seluruh petugas dan panita yang sedang berjaga juga dipastikan dalam keadaan fit dan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker.

Sebagai tambahan, lanjut Lusiana, Kota Kasablanka juga telah menyediakan area khusus perempuan bagi peserta yang lebih nyaman divaksin oleh petugas perempuan, khususnya peserta yang menggunakan hijab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)