BUMN Muda Diresmikan, Komunitas Talenta Muda untuk Dorong Transformasi BUMN

Selasa, 15 Juni 2021 - 09:10 WIB
loading...
BUMN Muda Diresmikan, Komunitas Talenta Muda untuk Dorong Transformasi BUMN
Pembentukan BUMN Muda sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - BUMN Muda - komunitas generasi muda di lingkungan BUMN - diresmikan kemarin (14/6) sebagai inisiatif strategis untuk menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.

Di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN dalam transformasi dan pengembangan human capital di BUMN, komunitas BUMN Muda menjadi wadah bagi generasi muda insan BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru di BUMN di masa kini, dan mendatang.



Pembentukan BUMN Muda sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan persentase generasi muda di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal 5% pada tahun ini, dan 10% di tahun 2023.

“Komitmen Menteri BUMN Erick Thohir ini merupakan game changer di BUMN. Bersama FHCI, BUMN Muda siap mengawalnya, dan menjadi support system serta mitra strategis agar insan muda BUMN bisa berkiprah sebagai agen perubahan, dan pemimpin generasi baru yang berlandaskan core values AKHLAK,” kata Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi pada acara peresmian BUMN Muda di M Bloc Space Area, Jakarta Selatan.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir pada acara tersebut, menyambut antusias kehadiran BUMN Muda, Menurut dia, generasi muda bukan beban, apalagi ancaman, tetapi justru jadi inspirasi, energi, membawa inovasi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN.

"Keseriusan saya untuk mendorong kepemimpinan milenial di jajaran pimpinan harap ditindaklanjuti dari 3 sisi: pertama: policy, lingkungan dan budaya kerja yang mendukung; kedua, pengembangan kapasitas lewat pelatihan dan mentoring, serta ketiga, ini yang penting: kesempatan - kesempatan - kesempatan. Berikan generasi muda kesempatan untuk berkontribusi tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir, dan pemimpin," katanya.

Lebih lanjut tentang BUMN Muda, Soleh Ayubi menyatakan BUMN Muda akan memfokuskan kegiatannya pada membangun kepemimpinan, interpersonal, mentoring, dan pengembangan keterampilan. Dengan puncak bonus demografi pada tahun 2030 dan lebih dari 72% SDM BUMN dari generasi muda, membangun talenta muda BUMN sebagai generasi emas, dan kolaborasi lintas generasi di lingkungan BUMN menjadi kunci BUMN bisa bersaing di tingkat nasional dan global. Ayubi saat ini menjabat sebagai Direktur Transformation and Digital Office di Bio Farma.



Acara peresmian BUMN Muda ini digelar sekaligus sebagai momen silaturahmi insan muda BUMN dengan Menteri Erick. Pada acara bertajuk “Erick Thohir Menyapa: Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN” ini, hadir seluruh pemuda-pemudi berprestasi, direksi dari seluruh BUMN memberikan komitmen untuk berkolaborasi, mengembangkan talenta muda agar dapat lebih maju dan berkembang guna kemajuan BUMN dan berdampak bagi bangsa.

Pada kegiatan ini, BUMN Muda juga menghadirkan para pegiat UMKM, tokoh publik untuk ikut serta berbagi inspirasi. Kegiatan ini digelar sesuai standar protokol kesehatan yang ketat. Seluruh perangkat serta venue telah melalui proses sterilisasi, sementara para peserta wajib melalui tes swab antigen di tempat, mengenakan masker, dan menjaga jarak.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)