Demi Kepuasan Pelanggan, Usaha Online dan Jasa Pengiriman Tidak Bisa Dipisahkan

Sabtu, 19 Juni 2021 - 20:25 WIB
loading...
Demi Kepuasan Pelanggan, Usaha Online dan Jasa Pengiriman Tidak Bisa Dipisahkan
Karena persaingan yang ketat ini, bisnis online dituntut untuk bisa memberikan nilai tambah kepada konsumen, misalnya dengan memberikan layanan pengiriman yang efisien. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hadirnya berbagai platform penjualan online membuka banyak peluang bagi orang untuk mengembangkan usahanya. Sehingga tradisi berbelanja secara online menjadi kebiasaan baru masyarakat Indonesia, terutama sejak masa pandemi Covid-19. Apalagi, tingkat kompetisi dalam bisnis online juga cukup tinggi.



Karena persaingan yang ketat ini, bisnis dituntut untuk bisa memberikan nilai tambah kepada konsumen, misalnya dengan memberikan layanan pengiriman yang efisien yang bisa diandalkan untuk meningkatkan pengalaman konsumen.

“Biasanya penguasa UMKM mengalami kesulitan karena biaya yang diperlukan tidak sedikit. Maka, yang bisa dilakukan pengusaha UMKM untuk menghadapi ini adalah dengan bekerjasama dengan jasa pengiriman instan,” kata General Manager Customer Service SiCepat Ekspres, Imi Pudjiati dalam webinar Talk Show, bertema “Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Jasa Pengiriman dan Cooking Demo Produk UMKM yang digelar jagatbisnis.com, di Swiss-Belresidences, Kalibata, Jakarta, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, di jaman serba instan ini kecepatan pengiriman menjadi hal kedua terpenting dalam pertimbangan konsumen dalam hal pengiriman untuk belanja online. Bahkan, beberapa konsumen rela membayar lebih untuk mendapatkan barang yang mereka beli dengan lebih cepat.

Dengan memakai jasa pengiriman dapat memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM Untuk memenuhi dan menjaga kepuasan pelanggan, kami bersandar pada tiga hal. Pertama, pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman; kedua, call center yang responsif menjawab pertanyaan dan ketiga, produk dengan harga yang kompetitif dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Dari segi produk kami mencoba hadir untuk setiap segmen yang berbeda. Sampai saat ini kami memiliki 6 produk: SiUntung, layanan reguler; HaLU (Harga Mulai Lima Ribu), layanan yang tersedia di e-commerce; Best, layanan cepat sampai tujuan estimasi satu hari sampai di kota-kota besar; SiCepat Go, paket internasional dengan layanan pickup; H3LO, solusi pengiriman pelanggansocial commerce dancash dengan biaya lebih terjangkau dengan berat kiriman 3 kg; dan Gokil, layanan dengan pengiriman barang minimum charge 10 kg dengan harga yang lebih ekonomis,” bebernya.



Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Perdagangan Produk UKM Smesco Indonesia, Ongky Irawan mengakui, tahun ini pihaknya memang memfokuskan pada kepuasan pelanggan dan kecepatan mengiriman produk yang dipasarkan. Karena di Smesco semua UKM di seluruh Indonesia ada. Apalagi, sifatnya keberadaan Smesco ini untuk mensupport UKM secara penuh di seluruh Indonesia.

“UKM yang terdaftar di kami sekitar 3.000 UKM yang ada secara fisik dan sekitar 34.000 UKM digital. Apalagi sistem kami dropshipper, ada gudang dan market dengan merangkul orang-orang yang terkena PHK untuk bergabung sebagai dropshipper. Sehingga mereka terbantukan,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)