Tembus Pasar Jepang, Ekspor Edamame Kian Menjanjikan

Minggu, 20 Juni 2021 - 08:24 WIB
loading...
Tembus Pasar Jepang, Ekspor Edamame Kian Menjanjikan
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Edamame atau kacang kedelai muda merupakan salah satu komoditas pertanian yang saat ini sedang ditingkatkan produksinya. Potensi ekonominya besar dan diminati pasar domestik maupun luar negeri.

Salah satu perusahaan yang tengah mengembangkan produk edamame adalah PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) melalui anak perusahaannya PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Perusahaan tersebut telah mengekspor produk edamame dengan pasar utama Jepang.

"Potensi ekonomi dari produk Edamame ini sangat besar. Selain disukai anak milenial, produk ini sangat diminati pasar Jepang. Pada akhir April lalu, ANJ bekerjasama dengan Asia Foods Group telah ekspor edamame beku, dengan pengiriman sebesar 21 ton ke pasar Jepang," ujar Brand & Marketing Communication Manager PT ANJ Tbk, Nita Janita Ekaniana, kepada MNC Portal Indonesia, dikutip Minggu (20/6/2021).



Nita menjelaskan bahwa untuk masuk pasar Jepang tidaklah mudah. Pasalnya, Negeri Sakura itu memiliki standar mutu pangan yang tinggi. "Dengan masuknya produk edamame PT ANJ membuktikan bahwa kita memiliki kualitas yang baik," ucapnya.

Berdasarkan laporan tahunan PT ANJ, produk edamame mencatatkan kinerja yang baik. Perusahaan membukukan pendapatan USD461.280 pada tahun 2020. Angka itu meningkat dari tahun 2019 yang hanya mendapatkan senilai USD332.031. Kemudian, harga jual rata-rata juga mengalami peningkatan dari Rp7.459/kg pada tahun 2019 menjadi Rp7.971/kg pada tahun 2020.

Sebelum merambah pasar ekspor, GMIT telah memproduksi edamame segar yang dipasarkan di dalam negeri, seperti di Bali, Jawa Timur, Jakarta dan Jawa Tengah. Hingga akhir 2020 produksi edamame segar meningkat 32,5% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu dari 710 ton menjadi 941 ton.



Melihat pontesi ekonomi yang begitu besar, saat ini banyak para petani tembakau beralih menjadi petani edamame. Melihat hal ini PT ANJ pun melakukan pembinaan agar para petani menanam edamame dengan baik.

"Sebenarnya menanam tembakau dan edamame ini tidak jauh berbeda. Edamame bisa ditanam sepanjang tahun. Hingga saat ini banyak petani tembakau yang beralih ke edamame," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)