Gaet Investor Milenial, Penawaran SBR010 Resmi Dibuka

Selasa, 22 Juni 2021 - 13:33 WIB
loading...
Gaet Investor Milenial, Penawaran SBR010 Resmi Dibuka
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah secara resmi membuka penawaran instrumen surat utang negara ritel dengan tingkat kupon Saving Bond Ritel atau SBR seri SBR010 pada tahun ini. Langkah ini guna memperluas basis investor domestik khususnya investor milenial.

Dengan semakin meningkatnya masyarakat untuk berinvestasi dalam berpartisipasi dalam penerbitan Surat Berharga Negara (SBN), diharapkan membuat Indonesia semakin mandiri dalam pembangunan.

“Pada 2021 pemerintah berencana menerbitkan 7 SBR ritel dan 3 sudah diterbitkan di awal semester I,” ungkap Plt Direktur Surat Utang Negara DJPPR, Deni Ridwan dalam Market Review di IDX Channel, Selasa (22/6/2021).



Dia menjelaskan, dalam rangka menambah diversifikasi, investasi untuk investor milenial SBR ritel menawarkan fitur Floating With Floor yakni suku bunga mengambang dengan minimal imbal hasil.

“Dilihat dari hemat pemerintah, ini cukup menarik ketika suku bunga di Tanah Air sedang rendah. Sehingga ada kemungkinan untuk mendapatkan imbal hasil tambahan ketika nanti suatu saat Bank Indonesia menaikkan suku bunganya,” tuturnya.

Oleh karena itu, selain menawarkan kupon yang kompetitif dibandingkan produk lainnya serta ada perlindungan dari inflasi, SBR010 juga dapat digunakan untuk melindungi investor dari risiko fluktuasi bunga di pasar.

SBR ritel ini ditawarkan pemerintah dalam tenor dua tahun, yang artinya tidak bisa dijual-belikan selama dua tahun. Namun, kata Deni, ada opsi early redemption di awal setelah lewat tahun pertama.

?

Sebelumnya, Deni menyebutkan, untuk ORI 019 telah mencapai rekor pernerbitan sebesar Rp26 triliun. Bahkan, pemesanan ditutup satu hari lebih cepat dibandingkan jadwal semula. Hal itu disebabkan sudah melewati kuota yang ditentukan.

Kemudian SR014, penerbitan mencapai Rp16 triliun dengan kupon yang terendah sepanjang penerbitan SBR ritel. Dan terakhir, selama bulan puasa pemerintah menerbitkan sukuk ritel yang mendapat sambutan luar biasa oleh masyarakat.

Dia menyampaikan, pandemi Covid-19 tak membuat penerbitan mengalami penurunan. Justru sejak pertengahan 2020 lalu, ketika pemerintah menerbitkan ORI 017, jumlah penerbitan SBR ritel mengalami peningkatan yang signifikan. “Kemarin penerbitan ORI 017 ada sekitar 48.000 investor dan hampir 40% merupakan generasi milenial,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)