Sejalan dengan Investor, Pertamina Dorong Implementasi ESG untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Jum'at, 25 Juni 2021 - 19:20 WIB
loading...
Sejalan dengan Investor, Pertamina Dorong Implementasi ESG untuk Pertumbuhan Berkelanjutan
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan bahwa secara bertahap dan konsisten seluruh entitas Pertamina Grup telah menerapkan program yang mendukung agenda ESG.
A A A
JAKARTA - Upaya Pertamina mendorong implementasi bisnis yang memberikan dampak berkelanjutan bagi aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan mendapat dukungan penuh dari pemegang saham dan sejalan dengan kebutuhan investor global.

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan akan pelaksanaan Environment, Social, and Governance (ESG), Pertamina telah menerbitkan Sustainability Report atau Laporan Keberlanjutan yang dapat diakses oleh publik sejak 2011. Untuk memperkuat komitmen tersebut, Pertamina telah meluncurkan program ESG Traction pada 2020.

Dalam momentum Pertamina Investor Day 2021, Rabu (23/6/2021) lalu, Wakil Menteri BUMN Pahala N Masyuri menyampaikan dukungan Pemerintah atas langkah Pertamina yang secara simultan menyelaraskan bisnis dengan ESG.

“Semoga semua inisiatif ini akan membuahkan hasil dalam rangka pengembalian investasi bagi shareholders dan investor Pertamina,” ucapnya.

Pada kesempatan temu investor 2021 ini, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga menjelaskan bahwa secara bertahap dan konsisten seluruh entitas Pertamina Grup telah menerapkan program yang mendukung agenda ESG.

Di bidang lingkungan, kata Nicke, Pertamina menyadari bahwa tantangan yang dihadapi perusahaan terkait lingkungan karena penggunaan sumber daya alam yang menimbulkan polusi dan membutuhkan pengelolaan limbah. Untuk itu, perusahaan bergerak untuk mengatasi perubahan iklim, mengurangi jejak karbon yang ada di lingkungan sebagai dampak konsumsi dan intensitas energi, serta melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati di setiap wilayah operasi perusahaan.

“Tahun lalu Pertamina telah berhasil menurunkan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 27 persen (dibandingkan 2010). Ke depan, perusahaan menargetkan peningkatan target penurunan GRK menjadi 30 persen pada 2030 melebihi komitmen Indonesia dalam pengurangan emisi sebagaimana yang termuat dalam Paris Agreement,” ujarnya.
Sejalan dengan Investor, Pertamina Dorong Implementasi ESG untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Dalam bidang sosial Pertamina terus meningkatkan dan memperkuat kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja (Health and Safety) dalam upaya mencapai zero incident di masa depan.

Sebagai BUMN, Pertamina juga diamanatkan untuk memenuhi ketahanan energi dan menyediakan akses energi secara nasional. Untuk itu, perusahaan terus melakukannya melalui sejumlah inisiatif unggulan seperti BBM Satu Harga dan implementasi One Village One Outlet (OVOO).

Selain itu di seluruh wilayah operasi, Pertamina membangun program pemberdayaan dalam rangka memperkuat hubungan baik dengan masyarakat. Perusahaan juga melakukan rekrutment dan pengembangan karyawan, termasuk membuka jalan bagi penyandang disabilitas untuk bergabung dengan perusahaan.

“Pertamina juga memimpin dalam mempromosikan kesetaraan gender di tempat kerja. Dua dari enam Dewan Direksi adalah perempuan dan di tingkat manajemen senior, jumlah perempuan lebih dari 16 persen,” kata Nicke.

Untuk aspek Tata Kelola, Pertamina juga telah meluncurkan New Pertamina Clean Charter pada Juni 2020 sebagai salah satu upaya penerapan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Suap. Termasuk menghindari konflik kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi manajemen profesional, kepercayaan, dan integritas yang pelaksanaannya mengacu pada prinsip Good Corporate Governance yang kuat di seluruh organisasi.

Ke depan, penerapan ESG di Pertamina Group akan semakin terintegrasi dan termonitor dengan maksimal sebagai bentuk komitmen untuk keberlanjutan perusahaan. “Kami percaya bahwa implementasi transisi Energi dan Strategi ESG secara keseluruhan akan memberikan benefit untuk kelangsungan bisnis, meningkatkan daya saing, menurunkan risiko bisnis, meningkatkan kesejahteraan karyawan, meningkatkan reputasi Pertamina, dan menyediakan akses permodalan yang kompetitif,” tuturnya.

Keberhasilan program ESG Pertamina ini dapat memberi manfaat berkelanjutan (sustainability) juga bagi lingkungan dan masyarakat. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3291 seconds (0.1#10.140)