Poles Tenaga Kerja Sektor Maritim, Kemnaker Gandeng Austria

Senin, 28 Juni 2021 - 21:15 WIB
loading...
Poles Tenaga Kerja Sektor Maritim, Kemnaker Gandeng Austria
Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Guna mendukung program prioritas pemerintah dalam pengembangan sektor maritim Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggandeng Pemerintah Austria . Kerja sama kedua negara itu untuk mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Maritim di Serang.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Austria atas komitmennya dalam membantu kegiatan pengembangan BLK Maritim di Indonesia," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam acara Penandatanganan MoU, Pengukuhan Pengurus Forum FKLPI, dan Ground Breaking Ceremony Kegiatan Pengembangan BLK Maritim di BBPLK Serang, Banten, Senin (28/6/2021).

Baca juga:Berbasis IoT, Mahasiswa ITS Desain Troli Supermarket untuk New Normal

Ida mengatakan, ruang lingkup proyek pengembangan BLK Maritim ini terdiri dari empat komponen pekerjaan utama, yaitu konstuksi gedung, pengadaan peralatan pelatihan, pengembangan kurikulum, silabus, program dan modul pelatihan yang sesuai dengan standar Austria yang diakui di Eropa, tentunya dengan sentuhan kontekstualisasi kebutuhan lokal di Indonesia, dan yang terakhir pelatihan instruktur dan manajemen.

Selain di Serang, kerja sama pengembangan BLK Maritim juga dilakukan di Medan dan Makassar. Kerja sama Kemnaker dengan Pemerintah Austria di BBPLK Serang ini merupakan pengembangan secara komprehensif atas 4 program kejuruan pelatihan yang saat ini sudah ada, yaitu teknik mekanik, las/welding, listrik/electric dan mekatronik, khususnya penguatan untuk kejuruan las dan listrik.

Selain Pemerintah Austria, kerja sama ini didukung juga oleh Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Keuangan.

"Acara Groundbreaking, pembangunan workshop BLK Maritim BBPLK Serang menandai juga langkah nyata Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Ketenagakerjaan, dalam mencetak tenaga kerja unggul di sektor maritim," kata Ida.

Sementara itu Duta Besar Austria di Indonesia Johannes Peterlik sangat mengapresiasi atas dibangunnya workshop pelatihan vokasi bidang maritim yang ada di BBPLK Serang ini.

Baca juga:32 Warga Perumahan Nusa Loka Serpong Terpapar Covid-19, Belum Ada Lockdown

"Tentu saya akan sangat concern dan intens memantau perkembangan project ini setelah dilaksanakannya ground breaking. BLK ini ke depannya akan berdampak baik bagi pekerja Indonesia, khususnya bidang pariwisata maritim," kata Johannes.

Menurutnya, project ini nantinya akan dapat mengedukasi para pekerja tentang pentingnya penguasaan kompetensi bidang pariwisata maritim untuk bisa mengenalkan pariwisata kepada wisatawan. Jadi perlu memperkenalkannya dari hal-hal terkecil.

"Nantinya dari kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting, bukan hanya bagi masyarakat sekitar BBPLK Serang, namun juga bagi industri welding dan elektrik Indonesia ke depannya," kata Johannes.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2869 seconds (0.1#10.140)