Airlangga Hartarto: Lanjutkan Surplus Perdagangan, Dorong UMKM Jadi Eksportir

Rabu, 30 Juni 2021 - 22:36 WIB
loading...
A A A
Ketiga, melakukan penetrasi ke negara non tradisional market, seperti Afrika, Timur Tengah, Eurasia dan Amerika Latin. Keempat, utilisasi perjanjian dagang, baik PTA, FTA dan CEPA. Kelima, implementasi dari reformasi regulasi melalui Undang-Undang Cipta Kerja, yaitu penyederhanaan kepastian dalam proses perizinan dan persetujuan ekspor impor.

Kementerian Perdagangan, lanjutnya, juga telah merelaksasi delapan Peraturan Menteri Perdagangan untuk mendukung ekspor UMKM. Selain itu, pemerintah juga mendorong para UMKM untuk onboard ke platform digital. Dengan sejumlah program antara lain gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Hingga akhir tahun 2020, terdapat 11,7 juta UKM onboard,l. Diharapkan jumlah UMKM yang go digital akan mencapai 30 juta UMKM.

Upaya pemerintah di atas, kata Airlangga, tidak akan tercapai bila penanganan Covid-19 tidak dapat dijalankan dengan baik.

"Upaya PPKM Mikro dan vaksinasi gratis yang dilancarkan oleh pemerintah terbukti membawa dampak positif kepada flattening daripada kasus dan pulihnya ekonomi nasional," tegasnya.

Dia menambahkan, upaya penanganan Covid-19 tersebut tidak akan berhasil bila tidak didukung oleh kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan menggunakan masker.

"Saya ingatkan agar masyarakat menjaga kedisiplinan, menjaga protokol kesehatan demi kesehatan bersama diharapkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan pemerintah," katanya.

Baca juga:Bacaan Sholawat Nabi Paling Utama Lengkap Latin dan Artinya

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan tema webinar tersebut sangat relevan dengan kondisi saat ini. "Kalau saya lihat data dari BPS, UMKM ini dahsyat. Ada 64 juta UMKM di Indonesia yang mewakili 99,1% dari dunia usaha di Indonesia," ungkapnya.

Hary menyebutkan sepanjang 2020 UMKM menyerap tenaga kerja 97% dari total tenaga kerja 119 juta dan kontribusi UMKM pada pertumbuhan ekonomi 61%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2490 seconds (0.1#10.140)