Jangan Disepelekan, Orang Rimba sudah Akrab dengan Perbankan

Jum'at, 02 Juli 2021 - 16:13 WIB
loading...
Jangan Disepelekan, Orang Rimba sudah Akrab dengan Perbankan
Polsek Tebo Ilir bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan melakukan vaksinasi terhadap warga Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba. (Foto: Dok.iNews TV/Budi)
A A A
JAKARTA - Kepala Taman Nasional Bukit Dubelas (TNBD) Haidir menegaskan kondisi kehidupan Orang Rimba sudah sangat berubah. Pada saat ini, Orang Rimba sudah sangat akrab dengan dunia perbankan.

Karena itu, Haidir menyayangkan masih ada pemberitaan media yang seolah-olah hendak membangun cerita bombastis mengenai kehidupan orang Rimba dan sudah tidak relevan lagi di masa kini.

(Baca juga:RLU Jambi Luncurkan Program Pemberdayaan Orang Rimba)

“Berita-berita seperti ini menjadi viral dan menimbulkan beragam pendapat yang membawa spekulasi besar terhadap keselamatan Orang Rimba,” kata Haidir di Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Menurut Haidir, salah satu pemberitaan viral mengenai kehidupan H. Jaelani, salah satu orang Rimba yang dikabarkan tidak bisa menyimpan uang di bank karena tidak punya KTP. Peristiwa ini memang terjadi, tapi 22 tahun silam atau tepatnya sebelum tahun 1999, namun digambarkan seolah-olah baru saja terjadi.

(Baca juga:Terenyuh, Balai Kayu Ini Sangat Berarti bagi Pendidikan Suku Anak Dalam)

Menurut Haidir, saat ini, H. Jaelani bukan saja sudah punya KTP dan bisa menyimpan uang di bank, bahkan sudah naik haji. “Saat saya berkunjung ke rumah beliau beberapa waktu lalu, rumahnya pun sudah punya pendingin udara (AC),” kata Haidir.

Menurut Haidir, pemberitaan bombastis terkait orang Rimba mengindikasikan adanya kepentingan kelompok tertentu untuk menafikan peran dan kontribusi pemerintah dan para pihak dalam upaya pemberdayaan Orang Rimba.

(Baca juga:Dukcapil Terbitkan 3.180 Dokumen Kependudukan bagi Suku Anak Dalam)

“Kilas balik pemberitaan tentang ketertinggalan Orang Rimba secara series dan berdekatan dapat mengaburkan pencapaian upaya berbagai pihak dalam penanganan persoalan Orang Rimba,” kata Haidir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)