Ada PPKM Darurat, Intip Skenario Pertumbuhan Ekonomi dari Sri Mulyani

Rabu, 07 Juli 2021 - 12:52 WIB
loading...
Ada PPKM Darurat, Intip Skenario Pertumbuhan Ekonomi dari Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani menyiapkan sejumlah skenario pertumbuhan ekonomi seiring berjalannya PPKM Darurat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyiapkan skenario pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir 2021 terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Sri Mulyani mengatakan, skenario optimisnya pada kuartal II/2021 pertumbuhan ekonomi masih bisa melampaui 7%. Hal ini dengan melihat berbagai indikator ekonomi yang positif pada April hingga pertengahan Juni lalu.



"Pertumbuhan ini bisa terjadi jika penyebaran kasus Covid-19 bisa dikendalikan dengan cepat, dan tergantung kepada disiplin protokol kesehatan masyarakat," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (7/7/2021).

Sri Mulyani optimis pertumbuhan ekonomi tetap bisa di atas 7% di kuartal II kendari PPKM tengah berjalan. Dia berharap pada minggu ke-3-4 Juni pelaksanaan PPKM tetap tidak banyak mempengaruhi sehingga pertumbuhan ekonomi masih bertahan di atas 7%.

Sementara, pada kuartal III dan IV/2021, skenario pertumbuhannya sangat bergantung pada kesuksesan PPKM Darurat. Dalam hal ini mobilitas harus bisa diturunkan untuk mencegah penularan dan seberapa lama PPKM tersebut digulirkan.



Dalam skenario berat, kata Sri Mulyani, pemerintah harus melakukan penurunan mobilitas sampai 50%. Kemudian, kebijakan PPKM Darurat bisa berakhir pada Agustus sebelum normalisasi baru bisa kembali terjadi.

"Dengan skenario tersebut, maka pertumbuhan ekonomi kuartal III/2021 diperkirakan bisa mencapai 4% dan di kuartal IV/2021 4,6%," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)