Vaksin Kalbe dan Genexine Dinilai Bikin Kebal dari Varian Covid-19

Jum'at, 09 Juli 2021 - 16:55 WIB
loading...
Vaksin Kalbe dan Genexine Dinilai Bikin Kebal dari Varian Covid-19
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, deoxyribonucleic acid (DNA) vaksin GX-19N dari Genexine, perusahaan bioteknologi asal Korea Selatan, memiliki potensi yang sangat baik untuk memberikan proteksi terhadap berbagai varian Covid-19 . Bahkan, kemungkinan proteksi dalam jangka waktu yang lebih lama.

"Keamanan untuk vaksin GX-19N dilihat juga sangat baik karena tidak menggunakan viral vector dan adjuvant,“ ujar Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, Jumat (9/7/2021).

Baca juga:Wajib Tahu, Hanya Remdesivir dan Favipiravir yang Disetujui Sebagai Obat Darurat Covid-19

Kementerian Kesehatan pun berharap semua tahapan pengembangan vaksin dapat diikuti dengan baik, sehingga vaksin dapat digunakan dengan aman. Rencananya, vaksin GX-19N akan diuji klinik oleh PT Kalbe Farma Tbk.

Emiten sendiri pun sudah mengantongi izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan uji klinik tahap 2b/3 untuk vaksin Covid-19 GX-19N di Indonesia. Pelaksanaan uji klinik tahap 2b/3 akan dimulai pada Juli 2021.

Kepala BPOM, Penny K. Lukito mencatat, uji klinik yang nantinya dilakukan Kalbe merupakan tahapan penting untuk mendapatkan data khasiat dan keamanan untuk mendukung proses registrasi vaksin Covid-19. BPOM berharap pelaksanaan uji klinik memenuhi aspek saintifik dan menjunjung tinggi etika penelitian sesuai dengan pedoman cara uji klinik yang baik.

Baca juga:Anies Baswedan Terancam Tak Dapat Tiket Pilpres 2024

Di Indonesia, uji klinik vaksin GX-19N akan merekrut 1.000 subyek dengan lokasi pusat penelitian berada di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo (RSCM), sebagai rumah sakit rujukan dan beberapa satelit yang tersebar di Jakarta, Depok, Bekasi, Yogyakarta, Solo, dan Klaten.

Dalam prosesnya, Kalbe bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UI, RSCM, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Krida Wacana, dan Universitas Gadjah Mada, hingga pihak lainnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)