Perusahaan Nasional Lakukan Ekstrak Gabus untuk Pasien Covid-19

Minggu, 11 Juli 2021 - 22:19 WIB
loading...
Perusahaan Nasional Lakukan Ekstrak Gabus untuk Pasien Covid-19
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia membuat perusahaan farmasi dan suplemen berlomba-lomba melakukan penelitan ataupun inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasien Covid-19. Salah satu perusahaan dalam negeri yang turun berlomba itu adalah PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma).

PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) adalah one of the leading bio-tech company yang merupakan produsen inovatif obat natural dan suplemen kesehatan. Perusahaan ini menggunakan bahan dasar alami lokal asli dari Indonesia.

Baru-baru ini, Nucleus Farma telah sukses melakukan penelitian dengan membuktikan produk Onoiwa MX efektif sebagai adjuvan standar pengobatan Covid-19 terhadap pasien tahap awal. Penelitian ini masuk dalam jurnal kedokteran international di Eropa sehingga telah diterbitkan dalam European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 2021, Volume 8, Issue 3, Pages 2945-2957 pada bulan Juli 2021. Telah lulus juga uji etik sesuai dengan standard Code Ethics of World Medical Association-Declaration of Helsinksi.

Penelitian itu melibatkan sejumlah peneliti dan praktisi yang pakar di bidangnya. Dia antarnya Prof. Dr. apt. Syamsudin, M.Biomed (Guru Besar bidang Farmakologi Bahan Alam dari Fakultas Farmasi Universitas Pancasila), dr. Lusi Nursilawati Syamsi, Sp.(praktisi dokter spesialis paru yang menangani Covid-19), Dr.rer.nat. Chaidir Amin dari BPPT dan Dr. Nurita Andayani, ahli statistika.

Baca juga:Musim Baru Call of Duty Cold War Kedatangan Mode Permainan Anyar

“Sebuah prestasi yang sangat membanggakan, produk asli Indonesia, produksi Nucleus Farma, dapat masuk ke dalam studi penelitian di dalam artikel jajaran jurnal internasional,” kata Edward Basilianus, CEO Nucleus Farma, dalam keterangannya, Minggu (11/7/2021).

Edward pun menambahkan bahwa Nucleus Farma mempunyai visi dan misi untuk menyehatkan bangsa melalui inovasi produk biotechnology yang didukung dengan tim research and development yang kompeten di bidang pengembangan obat bahan alam dengan memahami drug MOA (drug mechanistic of action) dan memahami drug delivery mechanism sehingga dapat menghasilkan obat-obat yang lebih efektif dan on target dalam pengobatan.

"Kami berkomitmen akan terus melakukan penelitian dengan memanfaatkan kekayaan alam asli Indonesia dan mendukung peningkatan ekonomi dengan menjadikan obat natural yang siap bersaing di pasar global,” tambah Edward.

Prof. Dr. apt. Syamsudin menyatakan, bahan aktif utama dalam produk Onoiwa MX ini adalah ekstrak ikan gabus, dalam pemrosesan ekstrak tersebut Nucleus Farma menggunakan teknik enzymatic low pressure low temperature. Teknik tersebut adalah paten proses yang dimiliki Nucleus Farma dan belum banyak digunakan oleh produsen lain.

Penggunaan Onoiwa MX sebagai oral albumin tepat digunakan untuk mempertahankan onkotik plasma dan membawa molekul metabolit obat ke dalam sel. Onoiwa MX juga dapat menjadi obat pengganti albumin intravena bagi dokter di unit gawat darurat maupun rawat inap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)