Benny Hutapea Pertanyakan Nasib Sertifikasi 20 Eksportir Walet

Senin, 12 Juli 2021 - 17:00 WIB
loading...
Benny Hutapea Pertanyakan Nasib Sertifikasi 20 Eksportir Walet
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Panasihat Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN), Benny Hutapea, mempertanyakan nasib 20 eksportir walet yang tak kunjung memperoleh sertifikat ekspor ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) . Padahal, permohonan sudah diajukan sejak tiga tahun lalu.

Saat ini terdapat 49 perusahaan yang telah terdaftar sebagai pemegang ET-SBW (Eksportir Terdaftar Sarang Burung Walet). Dari jumlah itu, hanya 23 perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi izin ekspor sarang burung walet ke RRT.

Sementara, nasib 20 perusahaan eksportir walet yang sudah mendaftar untuk mendapatkan sertifikat ekspor sarang burung walet ke Tiongkok sejak 2018 masih belum jelas. “Sebagian sudah diaudit GACC, tapi sertifikasi ekspor ke RRT belum juga diperoleh,” katanya, dalam keterangan tertulis, Senin (12/7/2021).

Baca juga:Hendak Kudeta Raja Abdullah II, 2 Eks Pejabat Yordania Divonis 15 Tahun Penjara

Benny berharap pemerintah bersungguh-sungguh dalam membantu dunia usaha untuk mendapatkan sertikasi ekspor sarang burung walet ke Tiongkok, terlebih di tengah upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan ekonomi global lesu.

Dia mengingatkan perintah Presiden Joko Widodo kepada para menterinya untuk melakukan reformasi besar-besaran terhadap ekosistem berusaha bagi eksportir. Semua persoalan yang menghambat kinerja ekspor harus dihapus satu per satu, sedangkan prosedur birokrasi yang mengganggu juga harus segera dipangkas.

Perintah Presiden Joko Widodo tersebut seharusnya ditangkap oleh para pembantunya, tidak terkecuali kementerian dan lembaga yang terkait dengan urusan ekspor sarang burung walet ke Tiongkok. “Akan tetapi, sejak perintah itu disampaikan, nasib 20 perusahaan eksportir walet itu, belum jelas juga,” katanya.

Data yang dikumpulkan PPSWN menyebutkan, Indonesia tercatat sebagai sumber sarang burung walet terbesar di dunia. Sedangkan Tiongkok merupakan konsumen terbesar sarang burung walet secara global. Ekspor sarang burung walet Indonesia ke Tiongkok sepanjang 2020 mencapai USD413,6 juta.

Pada April 2021, Indonesia mengumumkan bahwa RRT akan mengimpor sarang burung walet asal Indonesia senilai USD1,13 miliar atau setara dengan Rp16 triliun. Kesepakatan tersebut diumumkan pasca-kunjungan Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke RRT.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan juga menyampaikan akan meningkatkan nilai perdagangan sarang burung walet Indonesia-Tiongkok secara signfikan guna menggenjot nilai perdagangan kedua negara dari USD31 miliar pada 2021 menjadi USD100 miliar pada 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)