Pasar Coding di Indonesia Masih Menjanjikan

Senin, 12 Juli 2021 - 13:33 WIB
loading...
Pasar Coding di Indonesia Masih Menjanjikan
FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketimpangan SDM terutama di sektor digital masih menjadi isu yang belum terpecahkan. Dalam sebuah survei dilaporkan, lebih dari separuh perusahaan di Indonesia kesulitan mempekerjakan kandidat yang tepat untuk membantu mereka mengembangkan bisnisnya. Meski faktanya, Indonesia memiliki jumlah angkatan kerja produktif sekitar 2 juta orang setiap tahun yang memasuki pasar kerja.

Khusus di sektor teknologi yang berkembang pesat, data Kemendikbudristek menyatakan, Indonesia kekurangan 9 juta pekerja teknologi hingga 2030 mendatang. Artinya Indonesia memerlukan sekitar 600 ribu SDM digital yang memasuki pasar setiap tahunnya. Jika dibedah lagi, Indonesia masih kekurangan SDM dengan keterampilan coding baik itu programmer, desain grafis, ahli bahasa dan profesi lain terkait keterampilan coding.



Di Indonesia meski coding belum menjadi mata pelajaran wajib untuk siswa di sekolah, pemerintah mulai mengadakan sekolah coding gratis. Sebut saja program Coding Mum dari Kemenparekraf, ataupun program–program pengkodingan lainnya yang diselenggarakan Kemnedikbudristek dengan pihak swasta dalam kampus merdeka belajar.

“Saya dan teman–teman pegiat atau founder startup juga memiliki masalah yang sama, yaitu susah mencari programmer yang kompeten. Dari sini tentunya kita dapat membentuk programmer keren dan mempunyai skill yang dibutuhkan industry saat ini,” ujar EgaWachid Radiegtya, founder DumbWays, salah satu penyedia coding bootcamp gratis di Indonesia.



DumbWays yang berdiri sejak April 2018 telah membuka kelas full stack development dan DevOps untuk lulusan SMK atau S1 jurusan IT agar mereka bias bekerja dengan layak sesuai jurusannya dengan gaji di atas UMR Jakarta. Saat ini DumbWays memiliki lebih dari 300 lulusan yang bekerja di lebih dari 150 perusahaan rekanan. Bekerja di bidang IT dan mampu membuat kode menggunakan JavaScript, Python, atau bahasa pemrograman computer apa pun adalah langkah besar menuju karier yang aman dan stabil
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2701 seconds (0.1#10.140)