Gercep, Menparekraf Bidik Vaksinasi Pelaku Parekraf Capai 90-95%

Senin, 19 Juli 2021 - 16:49 WIB
loading...
Gercep, Menparekraf Bidik Vaksinasi Pelaku Parekraf Capai 90-95%
Ilustrasi vaksinasi. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan sampai saat ini target vaksinasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) baru mencapai 5%. Namun, dengan adanya program Gercep (Gerak Cepat) untuk membantu pemerintah, dia meyakini vaksinasi sektor parekraf bisa mencapai 90-95%.

"Oleh karena itu kami di parekraf akan melakukan langkah secara totalitas untuk mencapai 90-95% masyarakat di sektor parekraf yang berpartisipasi di program vaksinasi," ujarnya dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (19/7/2021).



Sebelumnya, ungkap Sandiaga, melalui kick off sentra vaksinasi di 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan 3 Badan Otorita (BO), diharapkan dapat mendukung target vaksinasi sebesar 3 juta orang per hari pada Oktober 2021 mendatang.

Adapun 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata yang membuka sentra vaksinasi antara lain STP Bandung, STP Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar serta 3 Badan Otorita yakni Badan Otorita Danau Toba, Badan Otorita Borobudur, dan Badan Otorita Labuan Bajo.

“Program sentra vaksinasi ini adalah upaya mendukung panggilan dan tantangan dari presiden Joko Widodo yang menuntut kita punya sense of crisis dan beliau mencanangkan target vaksinasi 3 juta orang per hari sampai Oktober," jelas dia.



Vaksinasi ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi maupun Kab/Kota, Grab Indonesia, Traveloka, Homecare24, Alodokter, Loket serta Tiket.com yang dilaksanakan di Bali, Jakarta, Jogjakarta, Batam, dan Bintan.

Di awal semester ke-2 hingga akhir tahun 2021 ini, Kemenprekraf memasilitasi sentra vaksinasi bertempat di Sesko AU bekerja sama dengan Danone Indonesia, Homecare24, PT. MNC, Doktora dan Traveloka. "Agustus ini kita targetkan bersama 38.000 pelaku parekraf dan masyarakat umum melalui 6 PTN pariwisata dan 3 badan otorita," papar Sandiaga.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)