Gercep, Menparekraf Bidik Vaksinasi Pelaku Parekraf Capai 90-95%

loading...
Gercep, Menparekraf Bidik Vaksinasi Pelaku Parekraf Capai 90-95%
Ilustrasi vaksinasi. Foto/Dok Kemenparekraf
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan sampai saat ini target vaksinasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) baru mencapai 5%. Namun, dengan adanya program Gercep (Gerak Cepat) untuk membantu pemerintah, dia meyakini vaksinasi sektor parekraf bisa mencapai 90-95%.

"Oleh karena itu kami di parekraf akan melakukan langkah secara totalitas untuk mencapai 90-95% masyarakat di sektor parekraf yang berpartisipasi di program vaksinasi," ujarnya dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Ringankan Beban Pemerintah, Perusahaan Diminta Tanggung Biaya Vaksin Pekerja

Sebelumnya, ungkap Sandiaga, melalui kick off sentra vaksinasi di 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan 3 Badan Otorita (BO), diharapkan dapat mendukung target vaksinasi sebesar 3 juta orang per hari pada Oktober 2021 mendatang.



Adapun 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata yang membuka sentra vaksinasi antara lain STP Bandung, STP Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar serta 3 Badan Otorita yakni Badan Otorita Danau Toba, Badan Otorita Borobudur, dan Badan Otorita Labuan Bajo.

“Program sentra vaksinasi ini adalah upaya mendukung panggilan dan tantangan dari presiden Joko Widodo yang menuntut kita punya sense of crisis dan beliau mencanangkan target vaksinasi 3 juta orang per hari sampai Oktober," jelas dia.

Baca juga: Dana Rp2,4 Triliun Segera Disalurkan Bagi Pelaku Parekraf Terdampak PPKM

Vaksinasi ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi maupun Kab/Kota, Grab Indonesia, Traveloka, Homecare24, Alodokter, Loket serta Tiket.com yang dilaksanakan di Bali, Jakarta, Jogjakarta, Batam, dan Bintan.

Di awal semester ke-2 hingga akhir tahun 2021 ini, Kemenprekraf memasilitasi sentra vaksinasi bertempat di Sesko AU bekerja sama dengan Danone Indonesia, Homecare24, PT. MNC, Doktora dan Traveloka. "Agustus ini kita targetkan bersama 38.000 pelaku parekraf dan masyarakat umum melalui 6 PTN pariwisata dan 3 badan otorita," papar Sandiaga.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top