Canggih! Kartu Kredit Virtual MotionVisa dari MNC Bank (BABP) Terapkan Credit Scoring Berbasis Artificial Intelligence

Jum'at, 23 Juli 2021 - 13:49 WIB
loading...
Canggih! Kartu Kredit Virtual MotionVisa dari MNC Bank (BABP) Terapkan Credit Scoring Berbasis Artificial Intelligence
Sebelumnya, pada Kamis 15 Juli 2021 MNC Bank dan Visa Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) MotionVisa. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank sebagai unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group akan meluncurkan sebuah produk terdepan hasil kerja sama dengan VISA yang nantinya akan dikenal dengan nama MotionVisa , yaitu berupa kartu kredit virtual (VCC) pertama di Indonesia.

“MotionVisa merupakan kartu kredit virtual pertama di Indonesia dengan credit scoring berbasis kecerdasan buatan ( artificial intelligence). MotionVisa terkoneksi langsung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), sehingga menghasilkan persetujuan instan dan keputusan kredit yang jauh lebih cepat,” tutur Chief Operation Officer (COO) MotionBanking, Teddy Tee di Jakarta, Jumat (23/7/2021).



Credit scoring adalah proses penilaian profil calon nasabah kartu kredit apakah dirinya layak mendapat pinjaman atau tidak. Credit scoring membantu bank atau lembaga keuangan lainnya dalam menganalisis permohonan kredit.

Salah satu faktor yang mempengaruhi credit scoring adalah usia, status perkawinan, jumlah tanggungan, pekerjaan istri/suami, status tempat tinggal, status pendidikan, jenis pekerjaan, tempat bekerja dan masa kerja. Hasil credit scoring akan berdampak pada besaran bunga dan limit pinjaman.

“Rata-rata pengajuan kartu kredit memakan waktu tujuh hari untuk persetujuan. Kehadiran MotionVisa dengan credit scoring berbasis artificial intelligence akan memangkas waktu tersebut,” lanjut Teddy.

MotionVisa ini akan dilekatkan pada aplikasi MotionBanking, layanan perbankan digital dari MNC Bank melalui fitur apply credit card. Fitur ini menghadirkan proses pengajuan kartu kredit yang jauh lebih cepat dibanding cara konvensional dan menjadi yang pertama di Indonesia. Ini menjadi salah satu wujud komitmen MotionBanking memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penggunanya.

MNC Bank yakin MotionVisa akan mendorong akselerasi pembayaran digital di dalam negeri. Studi Visa Consumer Payment Attitude terbaru menunjukkan bahwa 68% responden di Indonesia berkegiatan tanpa uang tunai dan 53% di antara mereka beralasan membawa lebih sedikit uang tunai di masa kini karena mereka lebih sering menggunakan kartu.



Kartu kredit virtual adalah alat pembayaran untuk berbagai transaksi online seperti e-commerce, pengiriman makanan dan pengiriman bahan makanan. Kartu kredit virtual memiliki informasi yang sama seperti kartu kredit fisik yaitu 16 digit nomor kartu, tanggal kadaluarsa, nama pemilik, juga kode card verification value (CVV) sebagai 3 digit angka tanda otorisasi pembayaran.

Sebelumnya, pada Kamis 15 Juli 2021 MNC Bank dan Visa Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) MotionVisa. Acara ini menjadi langkah awal pengukuhan komitmen #MNCBank dan Visa untuk menerbitkan kartu kredit virtual di Indonesia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)