Bidik Peluang Usaha dan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Fokus Pengembangan Digitalisasi Wirausaha Muda

Jum'at, 23 Juli 2021 - 20:28 WIB
loading...
A A A
"Kami melihat peluang yang terbuka bagi wirausaha muda dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif menuju Indonesia Emas di tahun 2045. Dan ternyata komunitas, termasuk komunitas guru menjadi komunitas yang sangat diperlukan dalam dukungan atas tersedianya berbagai support system yang diperlukan para pengusaha dan wirausaha muda," jelasnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, kewirausahaan bukanlah sebuah profesi ataupun pekerjaan, tetapi merupakan pola pikir untuk tetap berusaha. Hal itu seperti yang diwariskan kakek dan ibunya, Abdul Uno dan Mien Uno kepada dirinya sejak lama.

Kakek dan ibunya yang merupakan seorang guru mengajarkannya tentang semangat kewirausahaan, semangat pantang menyerah, semangat untuk tidak mudah putus asa dan melihat peluang di balik kesulitan.

"Kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan, bahwa semua harus semangat, semangat untuk bergerak dan mengambil risiko di saat-saat yang penuh dengan tantangan saat ini. Itulah sifat-sifat dasar kewirausahaan yang melandasi pengembangan ekonomi kreatif dalam membangkitkan ekonomi kita," ujarnya.

Baca juga:Hari Anak Nasional: Yuk Dengarkan Suara Anak-anak Kita

Bersamaan dengan semangat kewirausahaan, pihaknya menyusun sejumlah program yang dapat dikolaborasikan dengan Universitas PGRI Semarang, yaitu Pekraf Digital Enterpreneurship (PDE) atau Baparekraf Digital Enterpreneurship. Program tersebut, diharapkannya dapat memberikan pelatihan digital kepada para wirausaha, mulai dari mentoring hingga pendampingan.

Tujuannya agar para wirausaha muda dapat menerapkan konsep APN, yakni Amati, Tiru dan Modifikasi. Sehingga kekuatan ekonomi bangsa semakin kuat, sejalan dengan trajektori (lintasan) menuju Indonesia Emas.

"Saya melihat bahwa di anak-anak muda inilah harapan kita sematkan, bahwa mereka akan menjadi champion, pemenang di masa depan," ungkapnya bersemangat.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)