Usul Pengusaha Jika PPKM Level 4 Diperpanjang Jokowi

loading...
Usul Pengusaha Jika PPKM Level 4 Diperpanjang Jokowi
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengusulkan sejumlah hal apabila pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 di tengah masih melonjaknya kasus Covid-19 di dalam negeri. Pihaknya meminta perusahaan di sektor esensial dan sektor strategis yang berorienstasi ekspor dapat beroperasi 100% dengan catatan telah mendapatkan vaksinasi.

“Saya sudah menyatakan Kadin Indonesia memohon pada pemerintah supaya industri esensial dan strategis dan orientasi ekspor padat karya bisa beroperasi 100 persen dengan catatan seluruh pekerjanya telah divaksinasi dan potokol kesehatan Covid-19 yang ketat,” ujar Arsjad di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: PPKM Darurat Disarankan Lanjut, Epidemiologi: Laju Penularan Sangat Tinggi

Menurut dia hal itu bisa dilakukan agar roda perekonomian tetap berjalan. Sementara itu, untuk perusahaan yang bergerak di sektor non esensial tetap bekerja dari rumah (work from home/WFH). Pihaknya juga meminta agar pusat perbelanjaan atau mal dapat kembali beroperasi dengan catatan seluruh pegawai mal dan pengunjung mal telah divaksinasi.



“Pekerja mal yang sudah divaksinasi bisa bekerja begitu juga pengunjung yang sudah divaksinasi. Kalau sudah di vaksin kami harap bisa berjalan seperti biasa,” tuturnya.

Baca Juga: Penularan Corona Masih Tinggi, Eks Direktur WHO Saran PPKM Darurat Lanjut

Dia mengatakan, aspek ekonomi juga perlu diperhatikan, secara sosial dengan memperhatikan kesehatan secara ketat. Sebab, banyak masyarakat Indonesia yang mengandalkan pendapatan harian untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Jadi bukan ekonomi saja tapi ujung-ujungnya ialah dampak sosial. Jadi, bagaimana dari sisi kesehatan kita jaga dan roda ekonomi juga tetap berjalan,” kata dia.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top