Aplikasi Kasir Online KAWN POS Siap Dampingi Bisnis F&B dengan Pendekatan Big Data

Minggu, 25 Juli 2021 - 20:43 WIB
loading...
Aplikasi Kasir Online KAWN POS Siap Dampingi Bisnis F&B dengan Pendekatan Big Data
Aplikasi kasir online KAWN POS
A A A
JAKARTA - Aplikasi kasir online KAWN merupakan salah satu produk teknologi bidang F&B di bawah naungan PT Indosterling Technomedia, Tbk (Bloomberg Stock Code: TECH IJ). Sebagai entitas anak perusahaan dari PT Indosterling Technomedia, Tbk, aplikasi kasir online KAWN juga memiliki visi untuk menciptakan ekosistem digital terbesar di Indonesia terutama di sektor bisnis makanan dan minuman atau food and baverage (F&B).

Semenjak 2011, muncul istilah “big data” yang mencuri banyak perhatian para pemerhati ataupun praktisi di bidang teknologi informasi. Apabila dicermati lebih seksama, sudah banyak perusahaan skala nasional maupun internasional yang menggunakan pendekatan big data sebagai rujukan dalam pengembangan bisnis.

(Baca juga:Industri Makanan dan Minuman Jawa Timur di Ambang Malapetaka)

Merujuk wikipedia.com, big data adalah segala himpunan data yang jumlahnya sangat besar, rumit dan tak terstruktur, serta membutuhkan perangkat untuk melakukan pemrosesan lebih lanjut. Big data dapat diterapkan pada hampir semua lini bisnis, meliputi, pariwisata, kesehatan, pemerintahan, perbankan, bahkan pada bisnis Saas atau software as a service.

Aplikasi kasir online KAWN diklaim selalu mengedepankan penggunaan big data sebagai rujukan informasi dalam proses pengembangan aplikasi ataupun fitur-fitur terkini.

(Baca juga:Hadapi Industri 4.0, Teknologi NZTE Siap Dukung Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman)

“Kami (KAWN POS) selalu menggunakan pendekatan big data sebagai rujukan dalam proses pengembangan aplikasi, tentunya dengan pendekatan ini besar harapan kami hasil dari pengembangan, baik dari segi aplikasi maupun fitur dapat menjadi solusi terbaik dari masalah yang timbul di kegiatan bisnis sehari-hari,” ujar Direktur KAWN POS, Yoas dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/7).

Menurut Yoas, bentuk pendekatan big data yang digunakan aplikasi kasir online KAWN dalam pengembangan aplikasi maupun fitur adalah ketika proses pengambilan keputusan mengenai fitur apa yang perlu untuk dikembangkan ditentukan berdasarkan data trafik pengguna aplikasi. “Sebagai contoh salah satu fitur yang cukup banyak diminati oleh pengguna adalah fitur manajemen stok atau inventori,” katanya.

(Baca juga:Industri Makanan dan Minuman 'Dimasak' Menuju Transformasi Digital)

Fitur manajemen stok, kata dia, memungkinkan pebisnis F&B dapat mengelola, memindahkan dan menentukan masa kedaluwarsa stok bahan baku yang digunakan untuk memproduksi sebuah produk. “Fitur ini memegang fungsi yang cukup vital, karena selain menyangkut perihal persediaan bahan baku, fitur ini juga berpengaruh terhadap besaran biaya produksi dan penentuan harga jual,” ujar Yoas.

Melihat penggunaan fitur ini yang cukup tinggi berdasarkan data trafik pengguna yang tertangkap oleh KAWN. “Akhirnya memberikan insight bagi manajemen untuk lebih memfokuskan diri dalam pengembangan fitur manajemen stok agar lebih terkini, canggih dan semakin memudahkan pengguna,” paparnya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi kasir online KAWN merupakan sebuah terobosan di dunia teknologi digital yang senantiasa selalu berusaha memberikan nilai tambah bagi perkembangan bisnis bidang F&B. “Kami merasa bangga dapat memberikan solusi bagi segala permasalahan pebisnis F&B dan senantiasa selalu mendengarkan kebutuhan pelanggan kami dengan terbuka,” ucap Yoas.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)